Iran Umumkan Pembuatan Satelit Baru “Zafar 2”

0
149

Teheran, LiputanIslam.com – Puluhan ilmuwan Iran sedang bekerja keras membuat satelit baru yang dinamai “Zafar 2” dan diperkirakan akan selesai dalam beberapa bulan mendatang.

“Satelit Zafar 2 sekarang sedang disiapkan oleh 93 ilmuwan Iran dan diharapkan bahwa kita akan membutuhkan beberapa bulan untuk menyelesaikan proyek,” ungkap Rektor Universitas Sains dan Industri Iran Jabbar Ali Zekhri.

Dia menambahkan, “Tanggal pengiriman satelit Zafar 2 ke lembaga ruang angkasa belum ditentukan karena keputusan dalam hal ini ada di tangan lembaga, yang mengetahui bahwa pekerjaan ini sedang digarap siang dan malam untuk menyelesaikan proyek nasional ini.”

Zekhri juga menyebutkan bahwa sejumlah besar mahasiswa di tingkat pendidikan yang lebih tinggi secara tidak langsung juga turut bekerja bersama para ilmuwan Iran dalam membuat satelit Zafar 2 .

Kepala Organisasi Antariksa Iran, Mortada Barari, belum lama ini menyatakan negaranya akan membuat satelit penginderaan dengan akurasi jarak satu meter, untuk diorbitkan jarak 500-600 km dari permukaan bumi.

Awal tahun ini Iran mengorbitkan satelit militer “Noor 1”, yang kemudian memancing kecaman dan tuduhan Amerika Serikat dan sekutunya bahwa Iran memproduksi roket berbahaya. (mm/fna)

Baca juga:

Ayatullah Khamenei: Musuh Terbesar Rezim AS Saat Ini adalah Rakyat Mereka Sendiri

Iran Resmi Bantah Adanya Serangan Cyber dalam Beberapa Insiden Ledakan dan Kebakaran

DISKUSI: