Iran Umumkan Kabar Baik Ihwal Pencabutan Sanksi

0
226

Teheran, LiputanIslam.com –  Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengumumkan adanya kabar baik mengenai pencabutan sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran dalam beberapa hari mendatang.

Dalam pernyataan di televisi tentang pertemuan para duta besar dan kepala misi diplomatik Iran di negara-negara tetangga di Teheran, Sabtu (11/12), Khatibzadeh mengatakan, “Semua negara ini telah mengambil kebijakan tentang itu berkenaan dengan mekanisme regional seperti Organisasi Kerjasama Ekonomi (ECO) dan Organisasi Kerjasama Shanghai, atau hubungan regional dan di bidang-bidang lain, atau di bidang –bidang bilateral.”

Dia juga mengatakan, “Hari ini, bersamaan perundingan nuklir di Wina, diselenggarakan pertemuan para duta besar kita di Teheran untuk pencabutan tindakan-tindakan sanksi.”

Sementara itu, kepala negosiator Iran Ali Bagheri Kani menyatakan bahwa isu-isu kontroversial di putaran keenam pembicaraan Wina masih mengemuka di atas meja dan belum terselesaika. Dia memastikan Iran tidak akan bersedia menerima apa pun selain perjanjian nuklir.

“Dalam draft pembicaraan Wina 6 dan setelah enam putaran, ada beberapa masalah yang tersisa di antara kedua pihak, dan perlu diselesaikan pada tingkat tinggi, dan itu masih belum terselesaikan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, “Selama pembicaraan yang dimulai pada 29 Desember (2020), kami menyatakan pandangan kami tentang berbagai masalah pembicaraan, seperti pencabutan embargo, tindakan nuklir, verifikasi dan pengamanan, di samping beberapa persoalan lain. Sebagian masalah ini diterima oleh pihak lain selama pembicaraan dalam beberapa hari terakhir, dan sebagian masalah lainnya tidak diterima oleh pihak lain.”

Asisten Menlu Iran ini juga mengatakan, “Kami akan memiliki beberapa masalah lain sebagai masalah utama, dan sekelompok masalah ini, yang mungkin tidak terlalu banyak, akan menjadi fokus utama pembicaraan serius di tingkat pejabat perunding senior di Iran dan negara-negara kelompok 4+1.(mm/alalam)

Dirut IAEA Sebut Proyek Nuklir Iran Alami Kemajuan Pesat

Rusia Dikabarkan akan Bekali Iran Satelit Canggih untuk Tujuan Militer

DISKUSI: