Dirut IAEA Sebut Proyek Nuklir Iran Alami Kemajuan Pesat

0
511

Doha, LiputanIslam.com –  Dirut Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi menyebut proyek nuklir Iran mengalami kemajuan pesat dan IAEA masih mengejar kesepakatan dengan Iran untuk pemasangan kembali kamera di instalasi nuklir Karaj.

Dikutip Fars News, Jumat (10/12), dalam wawancara dengan Al-Jazeera Grossi menyatakan pihaknya tak mengetahui apa yang terjadi di instalasi Karaj sehingga tak bisa memberikan laporan kepada para perunding dalam pembicaraan nuklir Iran di Wina.

“Beberapa kasus seperti ditemukannya bahan nuklir di sejumlah kawasan yang tak diumumkan oleh Iran memerlukan penjelasan Teheran,” lanjutnya.

Dia lantas mengatakan, “Kami memerlukan evaluasi keadaan dengan Iran, dan program nuklir negara ini sudah sangat maju dan dilakukan pengayaaan uranium dengan kemurnian 60%.”

IAEA dalam laporan terbarunya menyebutkan bahwa Iran sudah mulai menggunakan sentrifugal canggih IR-6 di situs nuklir Fordow.

Lembaga ini sekira dua pekan lalu juga menyatakan, “Cadangan Iran mencakup sekira 113.8 kg uranium yang dipercaya dalam bentuk komposisi UF6 dengan kemurnian 20% serta 34.2 kg uranium yang diperkaya dengan kemurnian 20% dalam bentuk aneka komposisi lain.” (mm/fna)

Baca juga:

Rusia Dikabarkan akan Bekali Iran Satelit Canggih untuk Tujuan Militer

Iran Mengaku Menanti Kesalahan Tel Aviv agar Pintu Jahannam Terbuka bagi Israel

DISKUSI: