Iran Ujicoba Peluncuran Wahana Tunda Antariksa Buatannya untuk Geser Satelit Antarorbit

0
359

Teheran, LiputanIslam.com   Iran telah menguji coba peluncuran wahana tunda antariksa (space tug) buatannya, yang mampu menggeser satelit antarorbit dan mentransfer kargo antariksa dari satu orbit ke orbit lain dengan karakteristik energi yang berbeda.

Wahana antariksa yang dinamai Saman itu dibangun oleh para ahli dan teknisi dari Pusat Penelitian Luar Angkasa Iran (ISRC), dan sukses dikirim ke ruang suborbital oleh Kementerian Pertahanan Iran pada hari Selasa (4/10)..

Hassan Salaryieh, penjabat kepala badan antariksa Iran, menjelaskan, “Sebagai bagian dari upaya untuk lebih memperluas teknologi telekomunikasi lokal dan pembuatan satelit yang berputar pada orbit geostasioner (GEO), pengembangan wahana tunda antariksa ditempatkan pada agenda ISRC. Ini berarti proses yang lebih cepat dan lebih lancar untuk mendapatkan titik orbit yang disinkronkan dengan Bumi begitu satelit meningkatkan ketinggian orbitnya dari orbit geostasioner ke orbit operasional.”

Dia mengatakan, “Desain dan konstruksi wahana tunda antariksa adalah tugas yang sangat canggih dan mahal, dan peluncurannya harus dilakukan dengan keandalan yang dipertimbangkan sepenuhnya. Karena itu, langkah-langkah antara pengembangan teknologi dimasukkan dalam program ini.”

Dia menambahkan, “Langkah pertama, yang mencakup uji mesin tahap pertama wahana tunda antariksa serta uji kinerja motor pembangkit putaran dan de-rotating, telah berhasil diselesaikan.”

Menurutnya, muatan suborbital dikirim ke ketinggian optimal pada langkah kedua untuk menguji kinerja pendorong gas dingin, mesin penghasil rotasi dan de-rotasi, sistem pelacakan dan pengarah, dan sistem pemisahan muatan.

Pada 26 Juni lalu wahana pembawa satelit Iran Zoljenah diluncurkan ke luar angkasa untuk kedua kalinya dalam 16 bulan terakhir.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Iran saat itu mengatakan bahwa wahana itu diluncurkan untuk tujuan penelitian.

Disebutkan bahwa  Zoljanah memiliki tiga tahap propulsi; dua tahap pada bahan bakar padat dan satu bertenaga bahan bakar cair, dan bahwa wahana pembawa satelit Iran sebanding dengan operator satelit modern dunia. Peluncuran itu bertujuan mengimplementasikan penerbangan luar angkasa sub-orbital. (mm/presstv)

Baca juga:

Teheran Sebut Laporan Suplai Drone Iran untuk Rusia “Tak Berdasar”

Petikan Pidato Ayatullah Khamenei Mengenai Gelombang Kerusuhan di Iran

DISKUSI: