Teheran Sebut Laporan Suplai Drone Iran untuk Rusia “Tak Berdasar”

0
190

Teheran, LiputanIslam.com  Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani menepis laporan media Barat dan klaim pemerintah Ukraina bahwa Iran telah mengirim drone tempur ke Rusia untuk digunakan dalam perang di Ukraina.

“Republik Islam Iran menganggap laporan-laporan tentang pengiriman drone ke Rusia untuk digunakan dalam perang Ukraina tidak berdasar, dan tidak mengkorfirmasi semua itu, ” katanya, Senin (3/10).

“Sejak awal konflik, kami telah menyuarakan kebijakan prinsipal dan gamblang kami tentang netralitas dan oposisi aktif terhadap perang, sambil menekankan perlunya kedua belah pihak menyelesaikan masalah mereka melalui cara-cara politik yang bebas dari kekerasan,” imbuhnya.

Menurut Kanaani, pada beberapa bulan terakhir dan dalam berbagai kontak dan pertemuan dengan sejawatnya dari Rusia dan Ukraina, menteri luar negeri Iran telah menyoroti perlunya menyelesaikan perbedaan melalui cara damai dan melalui dialog, dan telah menyatakan kesiapan Teheran untuk membantu proses ini.

Sebelumnya di hari yang sama, militer Ukraina kembali melontarkan klaim bahwa Rusia telah menggunakan drone Shahed-136 buatan Iran untuk menyerang wilayah Mykolaiv, dan bahwa Angkatan Udara Ukraina telah menembak jatuh lima di antara tujuh drone tipe tersebut.

Teheran sudah pernah membantah ketika tersiar klaim bahwa Iran berencana menjual “ratusan” drone ke Rusia dan melatih pilot Rusia tentang cara menggunakannya. Saat itu Iran juga mengaku tidak akan membantu pihak manapun yang terlibat dalam perang di Ukraina.

Pada 11 Juli, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengklaim Washington telah menerima “informasi” yang menunjukkan bahwa Iran sedang bersiap memberi Rusia “hingga beberapa ratus UAV (pesawat nirawak/drone), termasuk UAV berkemampuan senjata pada waktu yang dipercepat” untuk digunakan dalam perang di Ukraina.

Akhir bulan lalu, Ukraina mengumumkan akan menarik akreditasi duta besar Iran, dan secara signifikan mengurangi jumlah staf diplomatik di kedutaan Iran di Kiev sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya keputusan “tak  bersahabat” Teheran menyuplai pasukan Rusia dengan drone.

Jubir Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani lantas  menyebut keputusan Ukraina itu “berdasarkan laporan yang belum dikonfirmasi dan dihasilkan dari hiperbola media oleh pihak asing.” Dia juga menekankan bahwa Iran akan mengambil “tindakan proporsional” dalam hal ini. (mm/presstv)

Baca juga:

Petikan Pidato Ayatullah Khamenei Mengenai Gelombang Kerusuhan di Iran

Rusia Gempur Idlib, 13 Teroris Al-Nusra Tewas, Termasuk Dua Komandan

DISKUSI: