Iran Tuding Beberapa Negara Terlibat dalam Pembunuhan Jenderal Soleimani

0
508

Teheran, LiputanIslam.com –  Pada peringatan tahun kedua gugurnya jenderal tersohor dan legendaris Iran mantan komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Qassem Soleimani, sekretaris Dewan Hak Asasi Manusia Kehakiman Iran, Kazem Gharibabadi, mengatakan bahwa selain Amerika Serikat (AS), beberapa negara lain juga terlibat dalam pembunuhan Soleimani, tanpa menyebutkan nama negara-negara itu,

Kepada saluran TV Al-Alam, Rabu (29/12), Gharibabadi menjelaskan bahwa Iran dan Irak telah membentuk komite yudisial bersama untuk mengadili para pelaku di balik pembunuhan itu dan komite ini akan menyelesaikan tugasnya dalam jangka waktu dua bulan ke depan.

Dia menyerukan optimalisasi koordinasi dan upaya bersama dari semua aparatur pemerintah Iran untuk menindaklanjuti kasus pembunuhan itu.

Sembari mengecam standar ganda Barat dalam isu hak asasi manusia, Gharibabadi memastikan peradilan Iran akan memperkarakan tindakan anti-Iran oleh kekuatan-kekuatan barat di badan-badan internasional yang relevan.

Dia menambahkan bahwa bangsa Iran telah menjadi korban kejahatan sanksi dan terorisme.

Letjen Qassem Soleimani gugur bersama Wakil Komandan Pasukan Mobilisasi Populer (PMF/Al-Hashd Al-Shaabi) Irak akibat serangan udara pasukan AS di dekat Bandara Internasional Irak pada 3 Januari 2020, atas perintah presiden AS saat itu, Donald Trump.

Mengenai besarnya peran Soleimani dalam penumpasan ISIS, Mick Wallace, anggota Parlemen Eropa di akun Twitter-nya menyatakan, “Sementara AS dan Sekutu bertanggung jawab atas kebangkitan ISIL (ISIS) dan mempersenjatai kelompok-kelompok Jihadis, tidak ada yang berbuat lebih banyak untuk mengalahkan ISIL di Irak daripada Jenderal Soleimani.”

Presiden Venuzuela Nicolas Maduro belum lama ini menyebut Soleimani sebagai “pahlawan bangsa-bangsa” atas jasanya yang besar bagi dunia dalam perjuangan kontra-terorisme. (mm/mna/almayadeen)

Baca juga:

Wallace: Tak Seorang pun Berusaha Sekeras Jenderal Soleimani untuk Tumpas ISIS

Presiden Venezuela Mengaku Kagumi Ayatullah Khamenei dan Jenderal Soleimani

DISKUSI: