Wallace: Tak Seorang pun Berusaha Sekeras Jenderal Soleimani untuk Tumpas ISIS

0
201

Teheran,LiputanIslam.com-Anggota Parlemen Eropa asal Irlandia, Mick Wallace merespons tweet perwakilan Iran di Uni Eropa menjelang peringatan 2 tahun gugurnya Komandan Pasukan Quds IRGC, Qassem Soleimani.

Menurut Wallace, tak seorang pun yang mengabdi seperti Jenderal Soleimani untuk mengalahkan ISIS di Irak.

“Di saat AS dan para sekutunya bertangggung jawab atas kemunculan ISIS dan fasilitasi kelompok-kelompok jihadis, tak ada orang seperti Jenderal Soleimani yang berusaha keras untuk membasmi ISIS di Irak. Ketika ia dibunuh oleh AS, di manakah kutukan masyarakat internasional?”cuit Wallace.

Wakil Iran pada hari lalu mengunggah sebuah klip video tentang Jenderal Soleimani. Ia mencuit,”Kami mengundang Anda untuk melihat klip singkat ini, yang telah kami himpun di Kedubes dalam rangka peringatan gugurnya Jenderal Soleimani. Pahlawan ini berusaha mewujudkan perdamaian di Kawasan dan merupakan benteng tangguh di hadapan penyebaran radikalisme serta terorisme.”

Tindakan AS yang meneror Syahid Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis pada 3 Januari 2020 lalu menuai kecaman dari berbagai pihak.

Reporter Khusus PBB bidang Teror Ilegal di Kantor Komisaris Tinggi HAM PBB, Agnes Callamard menyatakan, tindakan Amerika Serikat membunuh Soleimani adalah perbuatan ilegal.

Callamard dalam laporannya menyanggah klaim para pejabat AS tentang alasan mereka membunuh Soleimani. Ia menyatakan, Washington tidak bisa mengajukan bukti-bukti memadai terkait “kemungkinan serangan yang akan atau sedang terjadi terhadap kepentingan-kepentingan AS”.

Sebelum ini, Washington berupaya menjustifikasi serangan udara terhadap Soleimani dengan dalih ini.

“Dengan alasan tidak adanya ancaman nyata, tindakan yang dilakukan AS (meneror Soleimani) adalah perbuatan ilegal,” tandas Callamard. (af/alalam)

Baca Juga:

Presiden Venezuela Mengaku Kagumi Ayatullah Khamenei dan Jenderal Soleimani

Warga Irak Protes Larangan Pembangunan Monumen Syahid Soleimani

DISKUSI: