Iran Tolak Pernyataan Prancis dan Jerman Soal Penyitaan Tanker Yunani oleh IRGC

0
185

Teheran, LiputanIslam.com  Pemerintah Iran balik mengecam keras pernyataan Prancis dan Jerman mengenai penyitaan dua kapal tanker minyak Yunani oleh Angkatan Laut Korps Garda Revolsi Islam (IRGC) di Teluk Persia.

Jumat lalu IRGC mengumumkan pihaknya telah menyita dua kapal tanker minyak Yunani, beberapa hari setelah sebuah kapal tanker minyak Iran ditahan oleh Yunani di perairan teritorialnya dan kargo minyaknya pun dipindahkan ke tanker AS.

Kementerian luar negeri Jerman dan Prancis dalam pernyataan terpisah menyebut penyitaan yang dilakukan oleh IRGC melanggar peraturan internasional.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh, Rabu (1/6), menyatakan Teheran mengecam keras “statemen sepihak dan tidak dapat dibenarkan”.

“Kami menyarankan negara-negara ini untuk menegakkan proses hukum berdasarkan hukum internasional demi memastikan kebebasan navigasi dan keamanan maritim, daripada keliru membela pelanggaran yang dilakukan oleh kapal Yunani,” tegas Khatibzadeh.

“Sayangnya, negara-negara ini tetap diam dalam menghadapi penyitaan ilegal kapal berbendera Iran oleh otoritas Yunani dan pembongkaran muatannya berdasarkan hukum dan peraturan transnasional negara (ketiga) lain,” keluhnya.

Dia menambahkan,”Intervensi yang tidak tepat seperti itu dalam proses peradilan independen di negara kami tidak akan membantu menyelesaikan masalah.”

AL IRGC belum lama ini merilis rekaman video operasi penggerebekan dan penyitaan dua kapal tanker Prudent Warrior dan Delta Poseidon milik Yunani.

Rekaman pertama telah dirilis dari operasi AL IRGC pada hari Jumat untuk menangkap dua kapal Yunani yang dinyatakan telah melakukan pelanggaran di Teluk Persia.

Dua tanker itu ditahan masing-masing di dekat kota pelabuhan Asaluyeh dan di dekat pulau Hendorabi, Iran selatan.

Menurut Organisasi Pelabuhan dan Maritim Iran, semua anggota awak tanker itu dalam kondisi sehat saat berada di kapal, dandan mereka dilindungi sesuai dengan hukum internasional serta mendapat layanan yang diperlukan. (mm/presstv/tasnim)

Baca juga:

Iran Balas Sita Dua Kapal Tanker Yunani di Teluk Persia

Media Intelijen Israel Cemaskan  Drone Bawah Tanah Iran

DISKUSI: