Iran: Taliban Jamin Keselamatan Para Diplomat

0
259

Teheran, LiputanIslam.com –  Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menyatakan keprihatinan atas eskalasi kekerasan di Afghanistan, salah satu negara tetangga Iran.

Dalam sebuah pernyataan, Jumat (13/8), di tengah keprihatinan itu Khatibzadeh menyerukan perhatian kepada kondisi warga sipil yang terdampak perang.

Menyinggung dominasi Taliban atas kota Herat, dia menyatakan bahwa kelompok militan itu berkomitmen untuk menjamin keselamatan para diplomat dan fasilitas diplomatik.

Khatibzadeh menyebutkan pihaknya berkomunikasi dengan Konsulat Jenderal Iran di Herat, dan sedang menindaklanjuti kondisi kesehatan para diplomat yang berbasis di sana.

Ketika Taliban bergerak maju untuk menguasai kota-kota besar Afghanistan, kelompok itu mengaku telah menguasai provinsi Herat, Badghis, Ghor dan Helmand.

Dalam perkembangan terbaru, Taliban juga mengklaim berhasil merebut Kandahar, kota terbesar kedua di Afghanistan.

Mengutip saksi, Associated Press melaporkan bahwa Taliban telah merebut kantor gubernur dan bangunan lainnya.

Al-Jazeera melaporkan bahwa para saksi menolak disebutkan namanya secara terbuka karena pemerintah belum mengakui kekalahannya.

Juru bicara Taliban menyatakan pihaknya telah menaklukkan Kandahar dan mencapai Lapangan Syuhada di sana, sementara seorang penduduk kota mengkonfirmasi bahwa Taliban mengendalikan kota itu.

Kantor berita Reuters kemudian melaporkan bahwa seorang pejabat pemerintah yang tidak disebutkan namanya menyatakan kota yang pernah menjadi benteng Taliban itu memang telah jatuh tapi pasukan pemerintah masih mengendalikan bandaranya.

Sebelumnya, warga dan jurnalis lokal melaporkan bahwa Herat, kota terbesar ketiga di negara itu, telah jatuh ke tangan Taliban. Ghazni, sekitar 130 km (80 mil) barat daya Kabul, ibukota Afghanistan, juga jatuh pada hari Kamis lalu.

Taliban telah mengambil alih setidaknya 11 dari 34 ibu kota provinsi Afghanistan selama seminggu terakhir. Jika konfirmasi laporan mengenai Kandahar tersebut terkonfirmasi maka kota ini akan menjadi yang ke-12. (mm/mna)

Baca juga:

[Infografik:] Peta Terbaru Perkembangan Perang di Afghanistan

Pejabat Afghanistan: Taliban Rebut Markas Tentara di Bandara Kunduz

DISKUSI: