Iran Surati Sekjen PBB Soal Pembunuhan Perwira IRGC

0
22

Teheran, LiputanIslam.com  Duta Besar dan Wakil Tetap Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Majid Takht Ravanchi, Rabu (26/5), melayangkan surat kepada Sekjen PBB Antonio Guterres berisi desakan kepada PBB agar mengutuk serangan teror yang menewaskan perwira Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran Kol. Hassan Sayyad Khodai.

Dalam suratnya pada hari Rabu, Takht Ravanchi menyebut Khoda sebagai anggota Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran yang telah andil besar dalam perang melawan terorisme dan ISIS.

Dia menyebutkan bahwa perkiraan dan bukti awal menunjukkan bahwa aksi teror itu dilakukan sebagai kelanjutan dari pembunuhan sistematis terhadap tokoh dan ilmuwan Iran yang dilakukan demi melicinkan tujuan ilegal beberapa rezim asing.

Takht Ravanchi mengatakan bahwa pembunuhan itu melanggar Piagam PBB dan prinsip-prinsip hukum internasional dan hak asasi manusia serta merupakan ancaman serius bagi perdamaian dan stabilitas regional dan internasional.

Dia menambahkan bahwa kejahatan teror demikian tidak akan pernah dapat mematahkan tekad Iran melanjutkan perjuangan melawan terorisme di kawasan, dan  bahwa penyelidikan atas tindakan teror itu sedang dilakukan untuk membekuk pelakunya.

Takht Ravanchi  menyerukan kecaman PBB terhadap aksi teror itu sebagai bagian dari tugas PBB dalam perjuangan nyata dan non-diskriminatif melawan terorisme.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian Selasa lalu mengutuk pembunuhan tersebut dan menekankan upaya serius kementerian luar negeri untuk memperkarakannya di badan-badan internasional.

Amir Abdollahian dalam pesan belasungkawa menyatakan bahwa pembunuhan itu membuktikan bahwa Iran yang berada di garis depan perang global melawan terorisme menjadi target “terorisme negara” oleh “dalang teror”.

Kol.Sayyad Khodai tewas akibat diberondong lima peluru oleh dua pengendara sepeda motor tak dikenal di Teheran pada  Ahad lalu. Dia diserang oleh dua orang tak dikenal itu ketika hendak turun dari mobilnya untuk memasuki rumahnya di lingkungan timur Teheran.(mm/fna)

Baca juga:

Panglima IRGC:  Iran akan Membalas “Tumpahnya  Setiap Tetes Darah Syuhada”

Jenderal Iran: Pembunuhan Kolonel IRGC Tanda Kegagalan Musuh Menghadapi Poros Resistensi

DISKUSI: