Iran Sukses Ujicoba Sistem Rudal Mersad-16

0
197

Teheran, LiputanIslam.com –  Angkatan Bersenjata Iran berhasil menguji coba sistem rudal atau sistem pertahanan udara “Mersad-16” yang dikembangkan di dalam negeri, Selasa (31/8).

Wakil Kepala Operasi Pasukan Pertahanan Udara Angkatan Darat Iran Brigjen Amir Mohammad Khoshghalb mengatakan bahwa sistem rudal yang sukses diujicoba di Iran tengah itu sepenuhnya dikembangkan di Iran serta memanfaatkan teknologi terbaru untuk menghadapi peperangan elektronik sekaligus mencegat banyak target.

Dia menambahkan bahwa Mersad-16 bergabung dengan sistem terintegrasi anti-pesawat untuk pertama kalinya, dan itu digunakan oleh Pusat Komando dan Kontrol Hazrat Valiasr untuk menemukan, mengidentifikasi, dan menghancurkan target.

Menurutnya,  sistem pertahanan udara baru ini antara lain memiliki mobilitas dan kelincahan tinggi serta dapat menghadapi target kecepatan tinggi yang terbang di ketinggian rendah semisal rudal jelajah.

Khoshghalb menyebutkan bahwa sistem ini dapat mengidentifikasi target yang berperang di ketinggian mana pun secara real time dan mengirimkan data terkait ke pusat komando sehingga pusat tersebut dapat memberi sinyal keterlibatan.

Dia juga mengatakan bahwa varian sistem yang dioptimalkan itu akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Angkatan Bersenjata Iran mengumumkan bahwa dalam waktu dekat ini akan memamerkan sistem rudal lain buatan Iran bernama “Bavar 373”, yang setara atau bahkan lebih baik daripada Sistem S-400 buatan Rusia.

Komandan Markas Pertahanan Udara Iran Khatamul Anbiya Brigjen Qader Rahimzadeh saat meninjau berbagai sistem rudal di kawasan Bandar Abbas dan pulau-pulau di Teluk Persia mengatakan, “Berkat anugerah Allah, para prajurit pemberani pertahanan udara bersiaga penuh dengan menjalankan misi serius mereka dalam melindungi angkasa Republik Islam Iran dan dengan kesiapan yang tinggi.”

Dia menambahkan, “Melalui pemantauan sepenuhnya terhadap semua pergerakan udara di kawasan, pasukan yang membidangi pertahanan udara siap menghadapi segala ancaman potensial.” (mm/irna/tasnim/raialyoum)

Baca juga:

Tanggapi Macron, Iran: Barat Harus Tahu Siapa yang Usir ISIS dari Mosul

[Video] Presiden AS Tertidur Ketika PM Israel Usulkan Pembentukan “NATO” Anti-Iran

DISKUSI: