Iran Sukses Ujicoba Rudal Strategis “Fath 360”

0
233

Teheran, LiputanIslam.com  Angkatan Darat Iran sukses menguji coba penembakan rudal strategis buatan lokal permukaan-ke-permukaan (SSM).

“Rudal bernama Fath 360 diluncurkan pada tahap kedua latihan militer Eghtedar 1401, yang sedang berlangsung di wilayah Nasrabad,” kata Wakil Komandan Angkatan Darat Iran Brigjen Nozar Nemati), Jumat (9/9)

“Unit Angkatan Darat Iran juga menembakkan rudal Fajr-5 (Fajar-5) buatan dalam negeri. Rudal ini dilaporkan memiliki jangkauan 75 kilometer (50 mil) dan dapat membawa hulu ledak fragmentasi seberat 175 kilogram dengan 90 kilogram bahan peledak tinggi,” terangnya.

Rudal Fath 360 dapat mencapai sasaran strategis dengan kecepatan 3.704 kilometer per jam, dan kecepatannya dapat ditingkatkan hingga 5.000 km/jam saat berkomunikasi dengan satelit untuk navigasi cepat dan serangan cepat terhadap target.

Angkatan Darat Iran Rabu lalu memulai latihan Eqtedar 1401 yang berlangsung dua hari.

Menurut Komandan Markas Pusat Khatam al-Anbiya Mayjen Gholamali Rashid, latihan tersebut telah dirancang dan dilaksanakan sesuai dengan potensi perang di masa depan dan ancaman yang diprediksi.

Juru bicara manuver Eqtedar 1401 , Jenderal Karim Cheshak, mengatakan bahwa latihan perang itu melibatkan pasukan infanteri, lapis baja, artileri, angkatan udara, pesawat nirawak, teknik, udara dan unit perang elektronik serta didukung pesawat Angkatan Udara. (mm/fna)

Baca juga:

Panglima IRGC: Iran Lampaui Kekuatan Dunia dalam Teknologi Pertahanan Udara

Iran Pamerkan Kecanggihan Kapal-Kapal Perang Baru Angkatan Laut IRGC

DISKUSI: