Iran Pamerkan Kecanggihan Kapal-Kapal Perang Baru Angkatan Laut IRGC

0
206

Teheran, LiputanIslam.com  Angkatan Laut (AL) Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) meluncurkan produk baru dalam negeri, termasuk kapal tempur patroli dan dua kapal cepat peluncur rudal.

Capaian baru itu diperlihatkan dalam sebuah upacara yang diikuti oleh pejabat tinggi militer di kota pelabuhan Bandar Abbas di pesisir Teluk Persia, Senin (5/9).

Dilaporkan bahwa AL IRGC telah meluncurkan kapal tempur patroli yang dikembangkan di dalam negeri dengan Syahid Qasemn Soleiman, jenderal legendaris Iran yang gugur diserang AS pada tahun 2020.

Dalam upacara itu, Angkatan Laut IRGC juga menerima kapal serang berkecepatan tinggi dan peluncur  rudal Syahid Rouhi dan Syahid Dara.

Lambung kapal patroli tempur Shahid Soleimani dilengkapi dengan teknologi siluman penghindar radar, yang berarti memiliki tingkat penampang radar yang sangat rendah.

Kapal itu didesain sedemikian rupa sehingga dapat melakukan semua jenis operasi di laut lepas, dan mampu berlayar dalam kondisi cuaca buruk.

Kapal militer Syahid Soleimani juga berkemampuan melakukan manuver yang jauh lebih tinggi dan radius putar yang jauh lebih kecil dibandingkan kapal dengan ukuran yang sama, sehingga memungkinkannya untuk melaksanakan berbagai misi ofensif dan defensif.

Kapal tersebut beroperasi dengan empat mesin asli bertenaga tinggi, yang memungkinkannya untuk segera dikirim ke zona yang ditentukan, dan melakukan misi maritim jarak jauh tanpa memerlukan dukungan dari pesisir ketika membela kepentingan Iran di laut lepas.

Kapal itu juga dapat membawa helikopter, dan dilengkapi dengan helipad besar untuk helikopter militer serta pesawat nirawak yang lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Kemudian, mengingat fitur tempur gabungannya, kapal Syahid Soleimani, juga dapat membawa dan meluncurkan berbagai jenis kapal serang cepat dalam operasi di laut lepas.

Kapal ini dilengkapi dengan sistem canggih untuk pengintaian, pengawasan, telekomunikasi dan peperangan elektronik  serta radar, sehingga dapat mengidentifikasi dan memantau target yang ditentukan di permukaan laut, di bawah permukaan laut dan di udara.

Beberapa fitur lain kapal ini di antaranya adalah penggunaan sistem perlindungan diri, peralatan komunikasi dan telekomunikasi modern, berbagai jenis encoder dan tautan data.

Upacara tersebut dihadiri oleh para pejabat negara dan petinggi militer antara lain Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Baqeri, Panglima IRGC Mayjen  Hossein Salami, dan  Komandan Angkatan Laut IRGC Laksamana Alireza Tangsiri. (mm/fna)

Baca juga:

Militer Iran Mengaku Siap Hadapi Ancaman Senjata Biologi dan Kimia

Iran Bantah Laporan Media Saudi bahwa Rusia Minta Pasukan Iran Ditarik di Suriah

DISKUSI: