Iran Sukses Ujicoba Rudal Jelajah Generasi Baru Buatan Dalam Negeri

0
165

Teheran, LiputanIslam.com –  Angkatan Laut (AL) Iran sukses mengujicoba rudal-rudal jelajah (cruise) jarak menengah dan jarak jauh generasi baru buatannya di tengah eskalasi hubungan negeri sejuta mullah ini dengan Amerika Serikat (AS).

Dalam sebuah latihan perang, rudal-rudal darat-ke-laut dan laut-ke-laut telah ditembakkan dari kawasan pantai dan dari dek kapal serta berhasil menghantam sasaran dengan presisi tinggi di Laut Oman dan bagian utara Samudera Hindia, Kamis (18/6/2020). Rudal jarak jauh di antaranya telah menghancurkan target yang ditentukan pada jarak 280 kilometer.

Wakil Komandan Angkatan Bersenjata Iran Laksamana Muda Habibollah Sayyari mengatakan, “Sekarang daya pertahanan kita di laut sangat bagus. Kita berusaha dengan segenap kemampuan mempertahankan kepentingan negara, dan kita mencapai ini di tengah penerapan sanksi dan melalui kerjasama penuh, terutama antara antarunit Angkatan Bersenjata serta antara Angkatan Bersenjata dan Kementerian Pertahanan.”

Menurutnya, meskipun dikenai “sanksi brutal” AS, Iran akan terus bergerak menuju swasembada dan tidak memerlukan peralatan militer asing,

“Ujicoba penembakan rudal jarak jauh yang sukses ini merupakan tanda kemajuan luar biasa dalam peningkatan sinergi antara Angkatan Bersenjata dan industri pertahanan,” imbuhnya.

Wakil Menteri Pertahanan Iran Jenderal Qassem Taqizadeh mengatakan, “Hari ini kita menyaksikan ujicoba sukses rudal-rudal jelajah buatan dalam negeri. Kita berjuang mengembangkan keahlian kita di bidang sains dan kognisi pertahanan, dan kita kerahkan segenap kemampuan yang tersedia di negara ini untuk mewujudkan hal ini.”

Sasaran-sasaran di laut diperankan sebagai musuh buatan, dan telah dihancurkan dengan rudal laut-ke-laut yang ditembakkan dari dek kapal AL, dan rudal darat-ke-laut yang dilesatkan dari bibir pantai, sebagai penegasan atas kesiapan Angkatan Bersenjata Iran mencegah gangguan terhadap keamanan dalam negeri dan regional.

Baca: Tantangan Baru Iran terhadap Trump Soal Pengiriman Minyak ke Venezuela

Komandan AL Iran Laksamana Hossein Khanzadi mengatakan, “Kawasan utara Samudera Hindia, Laut Oman, Selat Hormuz, dan Teluk Persia tergolong kawasan yang sangat penting secara geopolitik untuk pengamanan sumber-sumber energi. Karena itu, pengamanan di kawasan ini sangatlah penting.”

Baca: Rusia Bantah Laporan PBB Soal Keterlibatan Iran dalam Serangan ke Kilang Minyak Saudi

Penembakan rudal jelajah berjarak 280 kilometer – yang juga masih dapat ditambah- dinilai Teheran sebagai langkah optimistik di bidang penguatan daya pertahanan dan pencegahan, dan Teheran bersikukuh melanjutkan jalan ini meski dikenai sanksi oleh AS. (mm/alalam/presstv)

DISKUSI: