Iran Sukses Selenggarakan Pemilu, dan Memulai Penghitungan Suara

0
63

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemilu parlemen Iran ke-11 dan pemilu Dewan Ahli Kepemimpinan telah diselenggarakan pada hari Jumat kemarin (21/2/2020) dengan antusias masyarakat yang sangat tinggi sejak pemungutan suara dimulai pada pukul 08.00 waktu Teheran, ibu kota Iran.

Di Teheran, pemimpin besar negara ini Ayatullah Khamenei usai memberikan suaranya menyerukan kepada segenap warga yang berhak pilih agar berpartisipasi dalam pemilu yang dia sebut tak ubahnya dengan “jihad umum” yang turut andil dalam penggagalan rencana-rencana kotor musuh besar negara ini, AS.

Pemilu ini melibatkan 7148 kontestan yang 782 di antaranya perempuan untuk memperebutkan 290 kursi parlemen Majelis Syura Islam melalui 55,000 tempat pemungutan suara yang tersebar di 208 daerah pemilihan.

Jumlah warga yang berhak pilih tercatat sekira 58 juta yang 3 juta di antaranya merupakan pemilih pemula yang mencapai usia 18 tahun.

Baca: Ayatullah Khaemenei: Musuh Sia-Sia Ingin Pengaruhi Pemilu Iran

Waktu pemungutan suara yang seharusnya selesai pada pukul 18.00 diperpanjang beberapa kali hingga pukul 23.00, dan di sebagian tempat bahkan ditutup pada pukul 24.00.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa Iran sudah memulai proses penghitungan suara.

Baca: Petinggi IRGC: 120 Tentara AS Tewas dalam Serangan Rudal Iran ke Pangkalan Ain Assad

(mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS: