Iran Sebut Saudi Tak Bisa di Meja Perundingan Tutupi Kerugiannya dalam Perang Yaman

0
216

Teheran, LiputanIslam.com –  Asisten ketua parlemen Majelis Syura Islam Iran Hossein Amir Abdollahian memastikan Saudi tak bisa menutupi kerugiannya dalam perang Yaman di meja perundingan.

“Saudi tak akan pernah bisa mengganti kerugiannya dalam perang Yaman di meja perundingan,” ungkapnya dalam pertemuan dengan utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, di Teheran, Rabu (9/6).

“Solusi bagi krisis Yaman bisa diwujudkan melalui pengadaan dialog Yaman-Yaman  dengan partisipasi semua kekuatan dan partai politik,” lanjut Abdollahian.

Dia mengaku berharap ada gencatan senjata dan penghentian blokade terhadap Yaman dalam jangka waktu yang tersisa dari misi perdamaian Griffiths untuk Yaman.

Abdollahian mengatakan, “Iran sudah berulangkali menegaskan bahwa perang bukanlah solusi bagi krisis di Yaman, dan Iran juga tak akan pernah mengendurkan upaya memupuk perdamaian di negara ini.”

Dia juga menuturkan, “Berlanjutnya blokade kemanusiaan dan tindakan Saudi menggunakan kekerasan, perang dan campur tangan asing untuk kehadiran militer, pemecahan Yaman dan tumbuhnya terorisme merupakan hal yang menimbulkan kerisauan di Yaman.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Teheran Pastikan Sikapnya Tak akan Berubah Soal Nuklir Pasca Pilpres Iran

Teheran Kutuk Tindakan AS Membuntuti Dua Kapal AL Iran

DISKUSI: