Iran Sambut Baik Pernyataan Terbaru Putra Mahkota Saudi Soal Hubungan Kedua Negara

0
358

Foto: http://theiranproject.com/

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemerintah Iran menyambut pernyataan terbaru Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman (MBS) mengenai hubungan Riyadh dengan Teheran.

Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian mengatakan, “Apa yang dikatakan pejabat tinggi Saudi belakangan ini menunjukkan keinginan mereka untuk membangun hubungan bilateral dengan Iran, dan kami menyambutnya.”

MBS dalam wawancara dengan majalah AS The Atlantic yang dikutip oleh kantor berita resmi Saudi, SPA, Kamis lalu mengatakan, “Mereka (Iran) adalah tetangga, tetangga selamanya. Kami tak dapat menyingkirkan mereka, dan merekapun tak dapat menyingkirkan kami. Jadi lebih baik kami berdua menyelesaikannya dan mencari cara agar kita bisa hidup berdampingan.”

MBS juga mengatakan bahwa Riyadh menyambut baik beberapa pernyataan para pemimpin Iran, dan bahwa negosiasi akan berlanjut.

“Mudah-mudahan, kami dapat mencapai posisi yang baik bagi kedua negara dan akan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi negara ini dan Iran, “ ujarnya.

Amir Abdollahian menyebut dialog negaranya dengan Saudi “memberikan suasana yang baik dan mencapai hasil, meskipun kecil, dan kami senang bahwa Arab Saudi telah mengambil jalan dialog.”

Dia menambahkan, “Kami memiliki pendapat dan pendekatan yang berbeda tentang beberapa masalah di kawasan, tapi mengelola perbedaan antara kedua pihak dapat melayani kepentingan kedua negara.”

Saudi memutuskan hubungan dengan Iran pada Januari 2016, setelah kedutaan besarnya di Teheran dan konsulatnya di Mashhad diserang oleh massa demonstran yang memrotes eksekusi ulama Syiah Saudi, Syeikh Nimr al-Nimr, oleh otoritas Saudi.

Kedua negara bertetangga di kawasan Teluk Persia itu mulai berunding di Baghdad pada dua tahun lalu dengan tujuan meningkatkan hubungan. Empat putaran telah diadakan dalam kurun waktu antara April dan September, dan Teheran menyatakan bahwa putaran kelima akan bergantung pada “keseriusan” Riyadh. (mm/alalam/raialyoum)

Baca juga:

Bin Salman Sebut Israel “Sekutu Potensial” Arab Saudi

[Video:] Iran Pamerkan Pangkalan Drone Bawah Tanah

 

DISKUSI: