[Video:] Iran Pamerkan Pangkalan Drone Bawah Tanah

0
591

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) memamerkan pangkalan pesawat nirawak (drone) bawah tanah yang dapat digunakan untuk melesatkan puluhan drone secara serempak.

Komandan Divisi Dirgantara IRGC Brigjen Amir-Ali Hajizadeh, Sabtu (5/3), menyatakan sebanyak  60 unitdrone dapat diluncurkan dari pangkalan itu secera serempak.

Menurutnya, dua pangkalan rudal dan terowongan bawah tanah untuk armada drone telah dibangun di jantung pegunungan tinggi, dan puluhan drone itu dapat dilesatkan secara simultan tanpa batasan target karena “jangkauannya panjang dan tidak terbatas.”

“Kami bisa mencapai target musuh mana pun,” tegas Hajizadeh.

Sebelumnya di hari yang sama, Panglima IRGC Mayjen Hossein Salami meluncurkan pangkalan yang menampung sistem rudal darat-ke-darat dengan peralatan canggih, serta drone serang yang dapat menembus radar dan jaringan pertahanan lawan.

Pangkalan itu juga merupakan rumah bagi drone dengan jangkauan 2.000 kilometer, platform peluncuran dua rudal dan platform peluncuran multi-drone, yang diresmikan selama latihan militer bersama Great Prophet ke-17 IRGC di pantai selatan Iran pada Desember 2021.

Hajizadeh menyebutkan Pasukan Dirgantara IRGC berhasil meningkatkan daya tembak rudal sebanyak enam hingga tujuh kali dan sebagian besar mengurangi waktu persiapan untuk peluncuran rudal.

“Daya tembak rudal kami dan kemampuan untuk meluncurkan proyektil secara bersamaan telah meningkat enam hingga tujuh kali  lipat, dan durasi persiapan rudal untuk diluncurkan serta interval antara peluncuran telah jauh berkurang,” terangnya.

Dia menjelaskan bahwa Pasukan Dirgantara IRGC telah mengejar rencana serius untuk secara eksponensial meningkatkan kemampuan pasukannya berdasarkan keputusan Pemimpin Besar Ayatollah Sayid Ali Khamenei.

Hajizadeh menambahwa bahwa musuh telah berbicara tentang kekuatan drone IRGC, yang membuktikan peningkatan kekuatan Iran.

Pejabat Iran telah berulang kali menekankan bahwa negara republik Islam ini tidak ragu-ragu membangun daya pertahanannya, dan bahwa kemampuan demikian sepenuhnya dimaksudkan untuk tujuan pertahanan dan tidak akan pernah tunduk pada negosiasi. (mm/presstv)

Baca juga:

Iran Abstain Soal Resolusi PBB tentang Rusia, Ini Alasannya

Ayatullah Khamenei: Ukraina adalah Korban Krisis yang Diciptakan AS

DISKUSI: