Iran Ringkus 7 Terduga Aksi Teror Mematikan di Makam Suci Shiraz

0
23

Teheran, LiputanIslam.com   Menteri Keamanan Iran Hujjatul Islam Esmaeil Khatib mengumumkan penangkapan “orang kedua”  pelaku serangan teror  di Makam Suci Sayyid Ahmad bin Musa al-Kadhim ra (Shah Ceragh) di kota Shiraz.

Dikutip Al-Alam, pada Forum Pertahanan Sipil Nasional, Senin (31/10), Khatib menyatakan pasukan keamanan telah meringkus orang kedua dari aksi teror yang telah menjatuhkan banyak korban tewas dan luka, termasuk wanita dan anak-anak, tersebut.

Menurutnya, penangkapan itu dilakukan menyusul adanya langkah-langkah yang diambil oleh Kementerian Keamanan serta laporan warga mengenai insiden tersebut.

Dia menyebut keamanan berada di atas segalanya serta merupakan dasar bagi semua urusan negara.

“Segala sesuatu yang mengancam keamanan adalah salah satu prioritas yang harus dipertimbangkan. Ancaman dapat berupa kognitif, biologis, sosial atau infrastruktur . Karena itu, di mana pun masalah keamanan diangkat, semua upaya harus dilakukan untuk meningkatkan dan memeliharanya,” ujarnya.

Dia menyebut pertahanan sipil sebagai salah satu faktor perlindungan terpenting di depan ancaman yang meluas dan terus menerus dari musuh.

“Jika pertahanan sipil itu cerdas dan efektif maka akan memainkan peran besar dan penting dalam membangun keamanan di negara ini. Untuk itu, pertahanan merupakan salah satu pilar terpenting negara,” imbuhnya.

Dia juga mengingatkan, “Kita menghadapi ancaman baru dan berubah-ubah, karena itu pertahanan sipil harus dapat menghadangnya dengan cerdas.”

Laporan lain dari IRNA mengutip pernyataan Kementerian Intelijen Iran, Senin, bahwa tujuh orang telah ditangkap karena diduga terlibat dalam serangan teror tersebut.

Kementerian Intelijen dalam pengumuman tentang itu menyebutkan bahwa salah satu dari mereka yang ditangkap adalah orang kedua yang terlibat langsung dalam serangan itu, sedangkan enam lainnya mendukung operasi tersebut.

Seperti diketahui, sebanyak 15 orang terbunuh dan puluhan lainnya terluka akibat serangan teror yang dilancarkan dengan memberondongkan peluru senapan secara membabi buta di dalam bangunan Makam Shah Ceragh pada 26 Oktober lalu.

Pelaku berhasil ditangkap di tempat kejadian dalam kondisi terluka parah, dan belakangan ini dikabarkan tewas saat berada dalam perawatan di rumah sakit.

Kelompok teroris ISIS mengaku bertanggungjawab atas serangan itu serta menyebar foto pelakunya melalui kanal Telegram, sementara pihak berwenang memastikan pelakunya adalah warga negara asing beraliran Salafi/Wahhabi. (mm/alalam/irna)

Baca juga:

Presiden Raisi: Iran Tak Kan Membiarkan Musuh Melanggar Garis Merah

ISIS Sebarkan Foto Pelaku Teror Mematikan di Shiraz, Iran

DISKUSI: