Iran Rilis Foto Pelaku Sabotase Fasilitas Nuklir Natanz

0
370

Teheran, LiputanIslam.com –   Untuk pertama kalinya, Kementerian Intelijen Iran, Sabtu (17/4), merilis foto pelaku aksi sabotase di fasilitas nuklir Natanz milik Iran yang terjadi pada akhir pekan lalu.

Badan keamanan Iran mengungkap identitas pelaku bernama Reza Karimi yang diketahui telah kabur ke luar negeri sebelum peristiwa itu terjadi. Tidak disebutkan dia kabur ke negara mana.

Iran dewasa ini sedang melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk memulangkan dan menangkap Karimi melalui jalur hukum.

Sabotase itu dilakukan dalam bentuk pemadaman listrik di situs nuklir Natanz terjadi pada hari Ahad 11 April 2021. Pemerintah Iran memastikan dinas rahasia Israel, Mossad, berada di balik  apa yang mereka sebut “terorisme nuklir” tersebut.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad  Zarif  tentang itu mengatakan. “Zionis ingin membalas dendam terhadap rakyat Iran atas keberhasilan Iran dalam proses pencabutan embargo zalim (AS), tapi kami tidak akan membiarkan hal itu, dan kami akan membalas Zionis atas tindakan itu.”

Selasa lalu Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik, Abbas Araghchi, di Wina, dan kemudian juru bicara Organisasi Energi Atom Iran, Behrouz Kamalvandi, mengumumkan bahwa Iran telah mulai memperkaya uranium dengan kemurnian 60 persen.

Natanz adalah pusat pengayaan uranium yang terletak di kota dengan nama yang sama di provinsi Isfahan, Iran tengah, dan merupakan salah satu situs yang dipantau oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di bawah kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan beberapa negara terkemuka dunia, yang secara resmi dinamai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA). (mm/alalam/mna)

Baca juga:

Iran: Sebaiknya Liga Arab dan GCC Khawatirkan Nuklir Israel

Iran Hasilkan 9 Gram Uranium Yang Diperkaya 60% Per 9 Jam, “Peringatan bagi Musuh”

DISKUSI: