Iran Raih Prestasi Baru Dalam Perang Melawan Pandemi COVID 19

0
984

Teheran, LiputanIslam.com –  Sebuah perusahaan berbasis ilmu pengetahuan di Iran berhasil memproduksi generator ozon yang aplikatif dalam upaya menekan penyebaran virus corona (COVID-19), demikian dilaporkan FNA, Ahad (12/4/2020).

Perangkat generator ozon dapat digunakan untuk mendisinfeksi rumah, kantor, rumah sakit, kamar, mobil, dan tempat tidur pasien Coronavirus serta buah-buahan dan sayuran. Gas ozon juga telah digunakan untuk memerangi jamur, bakteri, kuman, serta virus SARS dan influenza.

Negara-negara Asia Timur juga telah menggunakan metode ini dalam penanggulangan pandemi COVID-19.

Menurut FNA, Perusahaan Iran itu mengaku berhasil memproduksi perangkat generator ozon dengan harga yang hanya sekira 30 persen harga produk-produk asing yang serupa.

Sementara itu,  Juru Bicara Kementerian Kesehatan Iran Kianoush Jahanpour mengatakan bahwa alat tes cepat diagnosis antibodi COVID-19 telah diproduksi di negara ini dan akan segera tersedia.

Baca: Rouhani: Meski Dikenai Sanksi, Iran Lebih Baik daripada Eropa dalam Perangi COVID-19

“Berkat upaya yang dilakukan oleh perusahaan berbasis teknologi Iran, tes diagnosis antibodi COVID-19 dan tes cepat virus corona akan segera tersedia,” tulis Jahanpour di akun Twitter-nya, Ahad.

“Metode-metode ini murah dan komprehensif, dan akan memfasilitasi implementasi rencana pintar social distancing selama pekan-pekan mendatang,” tambahnya.

Baca: Hampir Separuh Dari Total Jumlah Pasien COVID-19 di Iran Sembuh

Sejauh ini belum ada obat atau vaksin yang diproduksi untuk mengobati dan mencegah COVID-19. Karena itu, cara terbaik untuk menanggulangi wabah ini penyakit ini adalah dengan pemanfaatan rapid test dan ketersediaan antibodi COVID-19. (mm/fna)

DISKUSI: