Iran Pastikan Perjanjian Nuklirnya Tak Dapat Dinegosiasikan Lagi

0
132

Teheran, LiputanIslam.com –    Juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei menyatakan bahwa perjanjian nuklirnya dengan sejumlah negara terkemuka dunia tidak memerlukan negosiasi lagi untuk ditambahkan anggota baru. Dia juga menyerukan kepada semua negara anggota perjanjian itu agar kembali konsisten kepada apa yang telah disepakati.

Hal itu dinyatakan Rabiei dalam konferensi pers virtualnya, Selasa (8/12/2020), sebagai tanggapan atas pernyataan pejabat sejumlah negara, termasuk Jepang dan negara-negara Arab Teluk Persia mengenai kesiapan mereka untuk berpartisipasi dalam perjanjian nuklir Iran jika ada perundingan baru di masa mendatang.

“Kami menyambut baik meningkatnya peranan Jepang  sebagai negara sahabat dan penting bagi kami dalam urusan internasional, tapi menurut kami, perjanjian nuklir sudah selesai secara mendasar… Perjanjian nuklir ini tak dapat dinegosiasiakan untuk ditambahkan padanya anggota baru. Pemulihan konsistensi semua pihak bukanlah perkara yang pelik, dan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang akan datang tahu persis apa yang harus ia lakukan terkait perjanjian nuklir ini,” paparnya.

Juru bicara pemerintah Iran menambahkan, “Kami berharap Washington bertindak di arah yang berlawanan dengan semua kecenderungan desktruktif tanpa prasyarat serta dengan kecepatan yang sama dengan ketika Trump keluar dari perjanjian ini… Pemerintah AS yang akan datang tahu persis yang harus ia lakukan untuk meyakinkan Iran dan apa saja tindakan merugikan yang dapat dihindari dan yang mungkin dapat merugikan diplomasi.”

Dia kemudian menegaskan, “Sama sekali tidak mungkin berpikir soal negosiasi baru sebelum AS kembali kepada titik di mana ia berkelit dari kewajibannya terkait dengan kesepakatan nuklir ini.“ (mm/fna)

Baca juga:

Iran Ungkap Rincian Baru Tragedi Pembunuhan Ilmuwan Fakhrizadeh

Israel Keluarkan Peringatan Baru Mengenai Kemungkinan Serangan Iran

DISKUSI: