Iran Pastikan Insiden Natanz Tak Pengaruhi Proyek Nuklirnya

0
149

Teheran, LiputanIslam.com –Pemerintah Iran menegaskan bahwa insiden ledakan dan kebakaran yang terjadi di komplek nuklir Natanz milik negara ini tidak berpengaruh pada proyek nuklirnya, dan bahwa siapapun tak tak dapat menghadang tekad Iran di bidang ini.

Juru bicara pemerintah Iran, Ali Rabiei, saat menegaskan hal tersebut Selasa (7/7/2020) menyatakan, “Mujur, tidak ada korban, tidak ada radiasi radioaktif, dan tidak ada dampak pada kegiatan kami dalam program nuklir damai negara ini.”

Dia lantas memastikan Iran akan membalas jika insiden itu memang terjadi akibat sebotase dari pihak musuhnya.

“Tentu saja, jika kami sampai pada kesimpulan bahwa telah ada campur tangan asing dalam insiden ini, kami akan merespons dengan tepat.”

Juru bicara Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), Behrouz Kamalvandi, Kamis pekan lalu melaporkan terjadinya insiden itu sembari memastikan tak ada korban maupun kerusakan pada fasilitas pengayaan uranium utama.

Baca: Lieberman Klaim Tel Aviv Berperan dalam Insiden Situs Nuklir Iran

Lebih lanjut, sembari mengecam upaya Amerika Serikat (AS) memperpanjang embargo senjata terhadap Iran, Rabiei memperingatkan bahwa perpanjangan itu akan menjadi pelanggaran “terbuka dan tak termaafkan” terhadap Resolusi 2231 Dewan Keamanan PBB.

Baca: Dugaan Serangan Cyber Terhadap Fasilitas Nuklir Iran

Rabiei menambahkan bahwa negara manapun tak dapat bertindak selektif terhadap resolusi itu maupun 2015 perjanjian nuklir Iran yang telah disahkannya.

Sesuai Resolusi 2231, embargo senjata terhadap Iran akan berakhir pada Oktober 2020, namun AS mengaku akan menggunakan sejumlah opsi untuk memperpanjangnya. (mm/presstv)

DISKUSI: