Iran Operasikan Ratusan Mesin Sentrifugal Baru

0
127

Teheran, LiputanIslam.com   Juru bicara Badan Energi Atom Iran (AEOI) Behrouz Kamalvandi mengumumkan bahwa perintah telah dikeluarkan untuk mengoperasikan ratusan sentrifugal baru, dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah diberitahu soal ini.

“ Ada perintah untuk menyuntikkan gas ke ratusan sentrifugal canggih,” ujarnya.

Dia menambahkan, ”Langkah ini dilakukan dalam konteks undang-undang strategis untuk membatalkan embargo, mempertahankan kepentingan Iran, dan mencapai tingkat pengayaan dengan kapasitas 190.000 sou.”

Kamalvandi menjelaskan bahwa mesin sentrifugal yang dipasang tergolong canggih dari generasi pertama IR-1 dan generasi keenam IR-6.

Hal tersebut diumumkan beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian menyatakan Teheran sedang meninjau apa yang disebut sebagai teks akhir yang diusulkan oleh kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell pekan lalu untuk “menyimpulkan” negosiasi yang dimulai di Wina, ibukota Austria, pada April 2021.

“Kami telah mengumumkan kesiapan kami sehingga dalam waktu tertentu delegasi Iran, 4+1 dan AS – secara tidak langsung – dapat menindaklanjuti pembicaraan mereka di Wina untuk mengejar hasil,” kata Amir-Abdollahian, mengacu pada pihak kesepakatan nuklir China, Rusia, Prancis, Jerman, dan Inggris.

Negosiasi di Wina untuk memulihkan perjanjian nuklir Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) ditunda pada bulan Maret lalu setelah sebagian besar masalah dapat diselesaikan dan hanya tersisa beberapa poin yang perlu diputuskan secara politik. (mm/alalam/aljazeera)

Baca juga:

Presiden Raisi: Iran Dukung Penuh “Satu China” di Depan Unilateralisme AS

Iran Cokok Pemimpin dan Anggota Jaringan Spionase Mossad

DISKUSI: