Atwan Sanjung Pukulan Telak Sekjen Hizbullah atas Hegemoni AS

0
257

Beirut,LiputanIslam.com-Analis terkemuka Arab, Abdel Bari Atwan menyatakan, kedatangan kapal tanker pertama Iran di pelabuhan Suriah adalah kemenangan tiga serangkai Beirut, Damaskus, dan Teheran atas hegemoni AS dan Israel di Timteng.

Redaktur Rai al-Youm menilai, tibanya kapal pemuat BBM Iran ini adalah titik awal dimulainya perjalanan panjang untuk memulihkan kondisi Lebanon.

Ia juga mengatakan, kedatangan BBM Iran telah memaksa Dubes AS Dorothy Shea menyerah kalah dan menghilang dari pandangan.

“Pemimpin bijak, kuat, dan pemberani adalah yang bisa mengambil keputusan berdasarkan perhitungan matang dan melaksanakannya. Inilah yang dilakukan Sayyid Hasan Nasrallah. Untuk keseribu kalinya saya tegaskan, dia adalah orang yang menepati janjinya. Dia mengutamakan aspek kemanusiaan untuk bangsa Lebanon di atas aspek-aspek lainnya,” puji Atwan.

Sayyid Hasan Nasrallah disanjung Atwan sebagai “seorang manusia sejati”, bukan hanya sekadar pemimpin. Sebab, ia-lah yang berinisiatif mengatasi derita rakyat Lebanon di saat banyak pihak yang tidak peduli.

Atwan memandang Sekjen Hizbullah bertindak atas dasar kemanusiaan, tanpa melihat aspek-aspek sektarian.

“Ia menegaskan bahwa BBM ini adalah milik semua warga Lebanon, yang akan dibagikan secara gratis kepada orang-orang miskin dan lembaga-lembaga terkait. BBM ini juga akan dijual dengan harga lebih rendah daripada yang seharusnya kepada pihak-pihak lain.”

“Membawakan BBM bagi bangsa Lebanon yang sabar, mematahkan blokade dan menyingkirkan pedang kelaparan dari leher rakyat ini, adalah salah satu bentuk jihad dan perlawanan tertinggi. Nilai para pria sejati baru terlihat di saat-saat sulit,”tandas Atwan. (af/fars)

Baca Juga:

Hizbullah: Lebanon Sanggup Hadapi Blokade Musuh

Ulama Sunni Lebanon: Dengan Bantuan Iran, Hanya Hizbullah yang Bantu Rakyat

DISKUSI: