Iran Nyatakan Kekuatan Armada Helikopternya Pertama di Timteng dan Kelima di Dunia

0
232

Teheran, LiputanIslam.com – Komandan Angkatan Udara Iran Brigjen Yousef Qorbani menyatakan bahwa kekuatan armada helikopter negaranya menempati peringkat pertama di kawasan Timteng, dan kelima di dunia.

“Kami memiliki armada helikopter paling kuat di Asia Barat (Timteng) dan armada helikopter besar kami adalah yang kelima di dunia,” ungkap Jenderal Qorbani kepada FNA, Senin (04/05/2020).

Dia menambahkan bahwa kartu kemenangan helikopter Iran di medan tempur adalah kekuatan tembakannya, yang juga telah ditingkatkan sesuai kondisi perang saat ini.

“Ini berarti bahwa kita tidak menembaki musuh dari jarak dekat, melainkan menargetnya dalam tembakan, dan melupakan format dari jarak jauh,” kata Jenderal Qorbani.

Dia juga menyebutkan bahwa para ahli Iran menggabungkan sistem senjata helikopter dengan sistem penglihatan malam hari untuk memperkuat kekuatan tempur mereka di malam hari, dan sejumlah besar helikopter Iran juga akan dilengkapi dengan sistem perlindungan diri.

“Sekarang kami tidak mengirim helikopter tanpa senjata ke mana pun, yang tak dapat mempertahankan diri; artinya sekarang bahkan helikopter logistik kami telah dipersenjatai, ” tutur Qurbani.

Baca: Zarif: AS Eksportir Senjata Terbesar, Tapi Khawatir Iran Membeli Senjata

Jenderal Qorbani juga menyebutkan bahwa Iran merupakan salah satu negara perintis dalam pengembangan helikopter berkemampuan mengaplikasikan perang elektronik, menargetkan rudal, mencegat target dari jarak jauh, dan menggunakan rudal jelajah.

Baca: Ayatullah Khamenei: Keamanan Teluk Persia Bukan Tanggungjawab Asing

Dia memastikan pasukannya selalu siaga untuk bereaksi cepat terhadap kemungkinan gerakan musuh.

“Musuh-musuh Republik Islam Iran akan menghadapi reaksi cepat Angkatan Udara jika ada ancaman,” tegasnya. (mm/fna)

DISKUSI: