Iran Nyatakan Adanya Kemajuan dalam Perundingan dengan Saudi tentang Keamanan Teluk

0
208

NewYork, LiputanIslam.com –Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh, Kamis (23/9), menyatakan bahwa perundingan negara ini dengan Arab Saudi yang dimulai pada beberapa bulan lalu telah menghasilkan “kemajuan serius” mengenai keamanan Teluk Persia.

Khatibzadeh mengatakan bahwa kedua pihak telah menjalani perundingan yang “bagus” mengenai hubungan bilateral yang terputus antara keduanya sejak lebih dari lima tahun lalu.

“Kemajuan mengenai keamanan Teluk Persia sangat serius,” ungkapnya, tanpa menyebutkan rincian kemajuan perundingan tersebut.

Iran dan Saudi telah menjalankan beberapa putaran perundingan di Baghdad dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini diungkap pertama kali pada April lalu dan tercatat sebagai komunikasi langsung pertama kali antara keduanya setelah Riyadh memutus hubungan diplomatiknya dengan Teheran pada Januari 2016.

Khatibzadeh membuat pernyataan tersebut dari New York, AS, di mana delegasi Iran mengikuti sidang-sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).  Dalam sidang ini Raja Salman bin Abdul Aziz dari Arab Saudi dalam pidatonya pada Rabu lalu mengungkapkan harapannya agar perundingan Saudi dengan Iran dapat membuahkan “hasil-hasil signifikan” untuk membangun kepercayaan.

Khatibzadeh kembali menekankan pendirian negaranya bahwa urusan regional dan hubungan antarnegara harus terbangun dalam kerangka regional tanpa campur tangan asing.

“Jika perintah Arab Saudi serius mempedulikan pesan Iran bahwa solusi problema di kawasan terletak di dalam kawasan itu sendiri maka kita akan dapat memiliki hubungan yang stabil dan serius antara kedua negara penting di kawasan, Iran dan Saudi, ini” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa “komunikasi” antara kedua negara yang dimulai sejak masa presiden Iran sebelumnya, Hassan Rouhani, masih berlanjut setelah Sayid Ebrahim Raisi menggantikan Rouhani sejak Agustus lalu. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Sambil Main Tuduh, Raja Saudi Mengaku Ingin Berdamai dengan Teheran, Ini Tanggapan Media Iran

Media Turki: Patriot Ditarik dari Saudi, Riyadh Perbaiki Hubungan dengan Iran dan Turki

DISKUSI: