Iran Mulai Membalas, Pangkalan Militer AS di Irak Digempur dengan Lusinan Rudal Balistik

0
497

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan Iran mulai membuktikan sumpahnya untuk membalas darah Jenderal Qassem Soleimani. Pangkalan Ain al-Assad yang ditempati oleh pasukan AS di provinsi Anbar, Irak barat, digempur Iran dengan sejumlah rudal balistik dini hari Rabu (8/1/2020).

Televisi Iran mengumumkan bahwa Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) telah melesatkan lusinan  rudal balistik di pangkalan tersebut.

Dilaporkan  bahwa rudal permukaan-ke-permukaan diluncurkan dari kota Islamabad,Iran barat, dan IRGC memperingatkan bahwa setiap balasan AS akan mendapat balasan lagi yang lebih besar dan menyeluruh.

Seperti dikutip televisi Iran, IRGC dalam sebuah pernyataannnya menegaskan, “Dini hari ini dilancarkan serangan sebagai tanggapan atas operasi teroris pasukan AS dan sebagai pembalasan atas pembunuhan dan kesyahidan komandan Pasukan Quds IRGC, Syahid Qassem Soleimani dan rekan-rekannya.”

Baca: Rouhani: AS Jangan Sekali-Kali Menggertak Iran

Menurut Reuters, seorang pejabat AS menyatakan terjadi serangan rudal ke beberapa posisi AS, termasuk pangkalan udara Ain al-Assad di Irak.

Serangan rudal yang disebut-sebut masih akan berlanjut itu terjadi hanya selang 24 jam setelah AS terlihat kebingungan mengenai isu penarikan pasukannya dari Irak. Semula dinyatakan bahwa penarikan mulai dilakukan, tapi Pentagon kemudian membantahnya.

Namun demikian, sejumlah anggota koalisi internasional telah menarik pasukan masing-masing dari Irak karena khawatir terjadi serangan ke pangkalan-pangkalan militer yang mereka tempati di Irak.

Baca: Pasca Pembunuhan Jenderal Soleimani, NATO Mulai Hengkang dari Irak

Sebuah sumber keamanan Irak mengatakan bahwa sejumlah rudal balistik telah menyasar pangkalan udara Ain al-Assad yang ditempati oleh pasukan AS dan aliansi internasional, di kawasan Al-Baghdadi, provinsi Anbar. (mm/alalam)

DISKUSI: