Iran Mulai Angkat Bicara Soal Tuduhan Mengincar Orang Israel di Turki

0
31

Teheran, LiputanIslam.com  Republik Islam Iran mulai menanggapi klaim Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid bahwa Iran berusaha mengincar dan menyerang orang Israel di Istanbul, Turki.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, membantah apa yang dia sebut “tuduhan konyol” Israel itu, dan balik menuding Tel Aviv berusaha merusak hubungan Ankara dengan Teheran.

“Tuduhan tak berdasar Menteri Luar Negeri Zionis di Ankara pada konferensi pers bersama dengan mitranya dari Turki, Mevlut Cavusoglu, adalah konyol dan termasuk dalam konteks skenario yang telah disiapkan sebelumnya untuk merusak hubungan antara dua negara Muslim,” ungkap Khatibzadeh, Jumat (24/6).

Khatibzadeh menganggap klaim Israel itu bagian dari trik Tel Aviv untuk mengalihkan opini publik Turki dan kawasan sekitar dari isu Palestina dan terorisme Israel.

“Tetangga kami Turki sangat menyadari tuduhan tak berdasar oleh entitas palsu dan teroris Zionis, dan Turki tidak diharapkan untuk tinggal diam terhadap tuduhan yang memecah belah ini, karena entitas ini telah berulang kali menunjukkan bagaimana mereka tak dapat dipercaya,” tegas Khatibzadeh.

Khatibzadeh juga mengatakan, “Tanggapan Iran terhadap pembunuhan dan aksi sabotase yang dilakukan oleh Rezim Zionis akan tegas dan kuat, dan tidak akan mengancam keamanan warga biasa dan keamanan negara lain.”

Dalam konferensi pers dengan rekannya dari Turki, Mevlut Cavusoglu, di Ankara pada Kamis lalu, Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid menuduh Iran berada di balik upaya serangan terhadap orang Israel di Turki.

Lapid juga menyatakan apresiasinya atas apa yang dia sebut bantuan Turki dalam penggagalan operasi-operasi yang diduga anti-Israel di Istanbul. (mm/fna)

Baca juga:

Dikunjungi Menlu Israel, Ini Sikap Turki Mengenai Permusuhan Iran-Israel

Atwan Kritik Pihak-pihak Arab yang Takut Netanyahu Jadi PM Israel Lagi

DISKUSI: