Dikunjungi Menlu Israel, Ini Sikap Turki Mengenai Permusuhan Iran-Israel

0
3

Ankara, LiputanIslam.com  Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid Israel tiba di Ankara, ibu kota Turki, Kamis (23/6) di tengah meningkatnya ketegangan Israel dengan Iran serta santernya klaim Israel bahwa Iran merencanakan pembunuhan dan atau penculikan orang-orang Israel di wilayah Turki, sementara Turki berusaha meningkatkan hubungan dengan Israel dan Iran.

Lapid adalah salah satu pejabat Israel memperingatkan warga Zionis agar membatalkan rencana berkunjung keTurki dan meminta mereka yang berada di Turki untuk segera berdiam di dalam rumah atau hotel.

Israel memuji kerjasama Turki dalam menggagalkan apa yang disebut Israel sebagai operasi Iran untuk membalas pembunuhan yang dilakukan oleh para agen Israel di Iran belakangan ini.

Mengenai klaim Israel tersebut, Kementerian Luar Negeri Turki pekan lalu menyatakan bahwa negara ini “adalah negara yang aman dan terus berjuang melawan terorisme”.

“Turki berusaha untuk tidak memihak dalam konflik antara Iran dan Israel, tapi juga memberikan pesan tegas bahwa mereka tidak akan mengizinkan operasi semacam ini – seperti yang diklaim Israel – di wilayah Turki sendiri,” kata Suha Cubukcuoglu, pengamat geopolitik yang berbasis di Istanbul.

Al-Jazeera melaporkan bahwa Turki dalam satu tahun terakhir bukan hanya memperbaiki hubungannya dengan sejumlah rival regional, seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Mesir, melainkan juga mengupayakan adanya jembatan penghubung antara Israel dan Iran.

Bulan lalu, Mevlut Cavusoglu adalah menteri luar negeri Turki pertama dalam 15 tahun terakhir yang mengunjungi Israel, setelah Presiden Israel Isaac Herzog berkunjung ke Ankara pada Maret lalu.

Cavusoglu dan Lapid membuka jalan untuk meningkatkan hubungan diplomatik, keamanan dan ekonomi. (mm/aljazeera)

Baca juga:

Atwan Kritik Pihak-pihak Arab yang Takut Netanyahu Jadi PM Israel Lagi

Israel Panaskan Sengketa Sahara Barat di Maroko

DISKUSI: