Iran Mengaku Sanggup Perkaya Uranium hingga 60%

0
143

Teheran, LiputanIslam.com –  Juru bicara Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), Behrouz Kamalvandi, menyatakan bahwa negara Republik Islam ini mampu memperkaya uranium hingga 40-60 persen.

Dalam sebuah pernyataan, Selasa (5/1), Kamalvandi menyebutkan bahwa saat ini sentrifugal IR1 digunakan untuk menghasilkan 20% uranium yang diperkaya, dan bahwa Iran juga berkemampuan menggunakan sentrifugal IR4, IR2M, dan IR6.

Menurutnya, Iran memiliki 4 ton uranium yang diperkaya 3,5 hingga 4 persen, dan AEOI dijadwalkan dapat memproduksi hingga 10 ton uranium dalam satu tahun.

Sehari sebelumnya, Kamalvandi menyatakan bahwa Republik Islam telah menghasilkan 20% uranium yang diperkaya di Fasilitas Nuklir Fordow dalam 12 jam.

Wakil Tetap Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Majid Takht-Ravanchi, menyatakan bahwa langkah-langkah nuklir itu bisa dibatalkan setelah semua pihak terkait mengimplementasikan secara penuh komitmen mereka kepada JCPOA, perjanjian nuklir Iran dengan sejumlah negara terkemuka dunia.

“Di Teheran sekarang dan kembali di NY pertengahan Januari: Pemerintah berfokus pada kemampuan domestik untuk menetralkan sanksi ilegal AS,” tulis Takht-Ravanchi di halaman Twitternya, Selasa.

Dia melanjutkan, “Sementara Iran telah melanjutkan pengayaan 20%, kami telah menegaskan kembali bahwa semua langkah nuklirnya akan dibatalkan setelah implementasi penuh komitmen JCPOA oleh semua.” (mm/mn)

Baca juga:

Iran Mulai Perkaya Uranium 20% di Fasilitas Ferdow, Ini Komentar Pedas Netanyahu

[Video]: Iran Gelar Latihan Drone Tempur, Ratusan Unit Dikerahkan

DISKUSI: