[Video]: Iran Gelar Latihan Drone Tempur, Ratusan Unit Dikerahkan

0
178

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran memulai latihan yang mengerahkan ratusan unit drone buatan dalam negeri, Selasa 5 Januari 2021.

Latihan itu digelar manakala Iran masih dalam suasana peringatan satu tahun terbunuhnya jenderal legendaris negara ini, Qassem Soleimani, oleh serangan udara Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak, pada 3 Januari 2020.

Di tengah kekhawatiran akan adanya balasan terhadap AS, angkatan bersenjata Iran bermaksud menguji berbagai jenis drone tempur pembom, pencegat, dan pengintai dalam latihan dua hari di provinsi Semnan tengah.

Pesawat-pesawat nirawak Iran itu dapat menjatuhkan amunisi serta melakukan penerbangan “kamikaze” ketika diisi bahan peledak dan dilesatkan ke sasaran.

Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Brigjen Mohammad Hossein Dadras, mengatakan Iran telah berhasil memproduksi berbagai pesawat nirawak meskipun dikenai sanksi AS.

“Angkatan Bersenjata akan membuktikan bahwa mereka siap menanggapi segala ancaman,” katanya.

Petinggi militer Iran lainnya, Laksana Mahmoud Mousavi, mengatakan kepada wartawan, “Republik Islam sekarang sudah menjadi salah satu negara termaju di dunia di bidang drone.”

Dia juga menyebutkan bahwa latihan itu melibatkan ratusan unit drone milik angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara Iran.

Iran dan pasukan regional sekutunya semakin mengandalkan drone di Yaman, Suriah, Irak, dan Selat Hormuz di mulut Teluk Persia dalam beberapa tahun terakhir.

Iran telah mengembangkan industri senjata dalam negeri berskala besar dalam upaya mematahkan sanksi internasional dan embargo yang mencegahnya mengimpor banyak senjata. (mm/fna/rta)

Baca juga:

Iran Teropong Semua Pangkalan Militer AS dan Siap Hidup Tanpa Perjanjian Nuklir

Iran Mulai Perkaya Uranium 20% di Fasilitas Ferdow, Ini Komentar Pedas Netanyahu

 

DISKUSI: