Iran Mengaku Sanggup Membuat Bom Nuklir, Israel Nyatakan Siap untuk Opsi Militer

0
158

Teheran, LiputanIslam.com   Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Aviv Kochavi menyatakan Tel Aviv sedang bersiap menghadapi semua skenario mengenai program nuklir Iran, menyusul pernyataan seorang pejabat Iran bahwa negara ini memiliki kemampuan teknis untuk memproduksi bom nuklir, dan telah berlatih untuk menyerang Israel.

Kochavi menyebutkan bahwa mempersiapkan opsi militer terhadap program nuklir Iran adalah tugas moral dan masalah penting bagi keamanan nasional.

“Aksi militer terhadap proyek nuklir Iran adalah inti dari persiapan kami dan mencakup berbagai rencana praktis,” ujarnya, seperti dikutip Rai Al-Youm, Ahad (17/7).

Sebelumnya, Kepala Dewan Strategis untuk Kebijakan Luar Negeri di Iran, Kamal Kharazi, mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa negaranya memiliki kemampuan teknis untuk memproduksi bom nuklir, dan telah melakukan manuver ekstensif untuk serangan ke kedalaman wilayah Israel  yang akan dilakukan Iran “apabila fasilitas sensitif kami menjadi sasaran”.

Namun, Kharazi menekankan bahwa tidak ada keputusan di negaranya untuk membuat bom nuklir meskipun memiliki kemampuan teknis yang diperlukan untuk itu.

Kharazi memastikan Israel berada dalam fase lemah, dan dukungan Presiden AS Joe Biden untuk itu tidak akan membawa Israel kembali ke permukaan.

Dia juga menegaskan, “Serangan terhadap keamanan kami dari negara-negara tetangga akan ditanggapi dengan balasan terhadap negara-negara ini dan balasan langsung ke Israel.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Menlu Saudi Nyatakan Tak Ada “NATO Arab” dan Aliansi Anti-Iran, Hizbullah Kutuk Saudi

Proyek Biden Mana pun Tidak Bisa Lindungi Israel

DISKUSI: