Iran Mengaku Produksi 6.5 Kg Uranium yang Diperkaya dengan Kemurnian 60%

0
391

Teheran, LiputanIslam.com –  Di tengah alotnya proses perundingan nuklir Iran dengan beberapa negara terkemuka dunia, Teheran mengaku telah memroduksi uranium yang diperkaya dengan kemurnian 60% sebanyak 6.5 kilogram sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap kemungkinan akan adanya langkah susulan menuju kemurnian 90%, yang diperlukan untuk pembuatan senjata nuklir.

Berbagai media resmi Iran, Selasa (15/6), mengutip pernyataan juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei bahwa selain menyampaikan pengakuan tersebut dia menyebutkan bahwa negara ini juga telah memproduksi uranium yang diperkaya dengan tingkat kemurnian 20%  sebanyak 108 kilogram sehingga menandakan adanya volume produksi yang lebih cepat dari eskpektasi yang disebutkan dalam undang-undang Iran.

Pada April lalu, Iran menyatakan akan memulai pengayaan uranium 60% sehingga semakin mendekati kemurnian 90%  setelah Teheran menuding musuhnya, Israel, sebagai dalang sabotase yang terjadi di sebuah situs nuklir utama Iran.

Pernyataan terbaru Iran mengenai perkembangan proyek nuklirnya terjadi ketika Teheran dan Washington dilaporkan terlibat pembicaraan secara tidak langsung di Wina, Swiss, untuk mencari terobosan dalam upaya pemulihan perjanjian nuklir JCPOA (Rencana Aksi Komprehensif Bersama) yang diteken Iran dengan beberapa negara besar dunia pada tahun 2015.

Parlemen Iran pada tahun lalu menetapkan undang-undang yang mengharuskan pemerintah Iran memperkeras reaksinya terhadap keluarnya AS dari JCPOA di masa kepresidenan Donald Trump pada tahun 2018.  Pemerintah Iran lantas mengabaikan beberapa ketentuan JCPOA, meski tetap menepis tudingan bahwa negara ini berambisi membuat bom nuklir.

Ali Rabiei mengatakan,“Sesuai undang-undang, Badan Tenaga Atom Iran sedianya memroduksi 120 kilogram uranium yang diperkaya dengan kemurnian 20%  dalam setahun. Menurut laporan-laporan terbaru, kami telah menghasilkan 108 kilogram uranium dengan kemurnian 20% dalam beberapa bulan terakhir .”

Dia juga mengatakan, “Mengenai produksi uranium dengan kemurnian 60% , dalam tempo singkat kami telah menghasilkan sekira 6.5 kilogram.” (mm/raialyoum)

Berita Terkait:

Iran akan Berunding Nuklir lagi di Wina, Termasuk dengan AS?

Capres Terkuat Iran Nyatakan akan Patuhi JCPOA dengan Syarat

 

DISKUSI: