Iran Mengaku Lebih Berhasil Tangani Covid-19 daripada Negara-Negara Maju

0
137

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran telah menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam penanganan pandemi COVID-19, karena semakin banyak pasien sembuh di negara ini, bahkan dibandingkan dengan negara-negara maju.

“Mujur, tingkat fatalitas virus corona di Iran kurang daripada banyak negara maju dan AS,” ungkap Ehsan Mostafavi, anggota komite epidemiologi virus corona dan direktur departemen Epidemiologi dan Biostatistik Institut Pasteur, Iran, Selasa (9/6/2020).

Dia menjelaskan bahwa populasi Iran yang muda merupakan salah satu faktor positif yang menunjang optimalitas penanganan pandemi ini dan berbagai penyakit lain, mengingat bahwa setengah dari total penduduk negara republik Islam ini berusia di bawah 30 tahun.

Pejabat medis Iran itu juga menyebutkan jerih payah efektif staf medis juga menjadi kunci keberhasilan negara ini menekan angka kematian akibat serangan Covid-19.

Menurut Mostafavi, sebanyak 150 laboratorium di Iran telah melakukan tes Covid-19 bersama dengan sepertiga dari jumlah total laboratorium swasta manakala sebanyak 15 juta orang di negara ini bisa saja terinfeksi virus tersebut tanpa gejala apa pun.

Sementara itu, seorang pejabat Iran mengumumkan bahwa perusahaan medis Iran berencana mengekspor berbagai produk untuk penananganan pandemi mematikan itu ke pelbagai negara.

“Langkah-langkah efektif telah diambil untuk mengurangi ekspor produk-produk (terkait dengan penanganan) virus corona  dari perusahaan-perusahaan domestik ke negara-negara lain,” kata Kepala Pusat Interaksi Internasional Wakil Presiden untuk Urusan Sains dan Teknologi, Mehdi Qalenoyee.

Baca: IAEA: Iran Perkaya Cadangan Uranium 8 Kali Lipat Jumlah yang Diperbolehkan

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Iran Sima Sadat Lari, Selasa, mengumumkan bahwa dalam 24 jam terakhir ditemukan sebanyak 2.095 kasus baru infeksi Covid-19, 74 pasien meninggal dunia, dan 901 pasien baru dirawat di rumah sakit.

Lari mencatat bahwa jumlah total pasien Covid-19  di negara ini bertambah menjadi 175.927 orang, 2.639 di antaranya kritis, sementara jumlah pasien yang sembuh di antaranya mencapai 138.457 orang.

Baca: Ayatullah Khamenei Puji Keberanian Awak Kapal Tanker Minyak Iran

Dia juga mengatakan bahwa sebanyak 1.128.601 tes Covid-19 telah dilakukan di Iran untuk mendiagnosis pasien yang diduga terinfeksi virus ini. (mm/afn)

DISKUSI: