Ayatullah Khamenei Puji Keberanian Awak Kapal Tanker Minyak Iran

0
120

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei memuji kapten dan anak buah kapal (ABK) tanker minyak Iran yang telah berani membawa bensin dan produk minyak lainnya ke Venezuela tanpa mempedulikan ancaman Amerika Serikat (AS).

“Semoga Allah memberi kekuatan kepada Anda semua, Kapten dan ABK. Anda telah menunaikan pekerjaan dengan baik. Anda telah membuat gerakan jihad. Anda membuat negara ini bangga,” ungkap Ayatullah Khamenei dalam suratnya kepada mereka, Senin (8/6/2020).

Pemimpin Besar Iran juga mendoakan kesuksesan untuk mereka yang telah berani menerobos sanksi dan blokade yang dikenakan Amerika Serikat (AS) terhadap Iran dan Venezuela di sektor perminyakan.

Seperti pernah beberapa kali diberitakan, pada bulan ini Iran telah memasok Venezuaela dengan 1,53 juta barel bensin dan alkilat dengan melayarkan lima kapal tanker ke negara di Amerika Selatan tersebut untuk membantunya mengaktifkan kembali kilang minyaknya di tengah krisis bahan bakar.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro berterima kasihnya kepada Iran, China, Rusia dan Ciba atas bantuan dan dukungan mereka kepada Caracas, dan menyebut mereka sebagai negara-negara sahabat sejati bagi Venezuela.

Baca: Ayatullah Khamenei: Imam Khomaini Buktikan Adi Daya Dapat Dilawan

“Bantuan kemanusiaan datang dari China, Rusia, Iran dan Kuba. Mereka adalah teman sejati (Venezuela),” ungkap Maduro dalam pidato yang disiarkan oleh TV pemerintah pada Ahad lalu.

Baca: Iran Siap Lanjutkan Pengiriman Bahan Bakar ke Venezuela Meski Diancam AS

AS sempat mengancam akan mencegat kapal-kapal tanker itu di Laut Karibia, namun Iran balik mengancam akan membalas mencegat kapal-kapal kargo AS di perairan Teluk Persia dan sekitarnya.

Belakangan AS menyatakan tidak akan melakukan tindakan apapun terhadap kapal-kapal Iran yang tergolong nekat tersebut.  (mm/fna/alalam)

DISKUSI: