Iran Luncurkan Dua Sistem Radar Mutakhir

0
929

Teheran, LiputanIslam.com –  Militer Iran meluncurkan dua sistem radar strategis buatan dalam negeri  untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udaranya.

Radar yang masing-masing dinamai “Khalij-e Fars” (Teluk Persia) dan “Moraqeb” (Pemantau) itu diresmikan dalam sebuah upacara di hadapan Panglima Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Abdolrahim Mousavi, Ahad (19/4/2020).

Khalij-e Fars merupakan sistem radar jarak jauh dan strategis dengan jangkauan operasional lebih dari 800 kilometer, dan sistem radar phase array tiga dimensi dengan teknologi modern yang dapat mendeteksi semua target konvensional dan anti-radar serta rudal balistik.

Sedangkan Moraqeb juga merupakan sistem radar canggih phase array tiga dimensi dengan presisi tinggi dan jangkauan 400 kilometer, dapat melihat target di udara dengan akurasi tinggi dan mendeteksi berbagai jenis target kecil di ketinggian rendah dan menengah serta pesawat anti-radar dan pesawat nirawak.

Baca: Iran Bekali Tentaranya dengan Drone Baru dalam Jumlah Besar

Sistem ini telah dirancang dan diproduksi oleh para ahli Pertahanan Udara Angkatan Bersenjata bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan berbasis sains Iran.

Sebelum itu, Iran juga telah meluncurkan sistem pertahanan rudal canggih Bavar-373, yang dirancang dan diproduksi oleh para ahli di dalam negeri.

Baca: Iran Berobsesi Membuat Kapal Selam Bertenaga Nuklir

Sistem rudal darat-ke-udara itu  merupakan sistem pertahanan rudal bergerak (mobile) yang dirancang untuk mencegat dan menghancurkan target musuh yang masuk serta menggunakan rudal berdaya jangkau maksimal 300 kilometer.

Iran telah menempuh langkah-langkah besar dalam upayanya mencapai swasembada di bidang produksi alutsista selama dikenai sanksi dan embargo senjata sejak beberapa dekade silam sampai sekarang. (mm/presstv)

DISKUSI: