Iran Bekali Tentaranya dengan Drone Baru dalam Jumlah Besar

0
1106

Teheran, LiputanIslam.com –  Kementerian Pertahanan Iran telah menyerahkan pesawat nirawak (drone) tempur dan pengintai dalam jumlah besar, termasuk drone multifungsi bertenaga jet, kepada Angkatan Udara dan Pasukan Pertahanan Udara-nya.

Penyerahan itu berlangsung dalam upacara resmi di Organisasi Industri Penerbangan Iran (IAIO) di kota Isfahan yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan Brigjen Amir Hatami dan para petinggi militer senior lainnya, Sabtu (19/4/2020), sehari setelah Hari Angkatan Bersenjata Iran.

Dalam kata sambutannya pada upacara itu Hatami mengatakan bahwa drone bertenaga jet multifungsi itu dapat melesat dengan kecepatan 900 km/jam, beroperasi pada ketinggian 12 kilometer dengan durasi hingga 180 menit dan jarak jangkau 1.000 kilometer.

Kontingen besar pesawat Ababil 3 dan Karar juga diserahkan kepada Angkatan Udara.

Mengenai drone Ababil-3, Hatami menyebutnya sebagai pesawat pengintai jarak menengah yang mampu melakukan serangan udara dalam radius 150 kilometer.

Dia juga mengatakan bahwa drone Karar adalah drone tempur strategis yang dapat memberikan muatan yang sebanding dengan pesawat berawak, berkemampuan melancarkan serangan tepat sasaran, dan dapat digunakan dalam serangan kamikaze.

Iran telah mengambil langkah-langkah besar dalam upayanya mencapai swasembada di bidang produksi alutsista selama dikenai sanksi dan embargo senjata sejak beberapa dekade silam sampai sekarang.

Awal bulan ini Iran mengumumkan rencananya memproduksi kapal perusak 6.000 ton pada akhir tahun ini.

Komandan Angkatan Laut Iran pekan lalu juga menyinggung obsesi Iran untuk mengembangkan kapal selam bertenaga nuklir. (mm/presstv)

Baca juga:

Iran Berobsesi Membuat Kapal Selam Bertenaga Nuklir

Rouhani: Iran Bertempur di Dua Front, Melawan Covid-19 dan Sanksi AS

 

DISKUSI: