Iran Luncurkan 21 Produk Baru Anti-Covid-19

0
153

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran meluncurkan 21 produk baru yang dikembangkan oleh para ilmuwan negara ini di Universitas Tabriz untuk membantu peanggunalangan wabah virus corona (Covid-19).

Hadir dalam acara peluncuran produk itu Gubernur Provinsi Azarbaijan Timur, rektor Universitas Tabriz dan beberapa pejabat lain di kota Tabriz di bagian timur laut Iran.

Produk itu antara lain berupa mesin fogging ULV yang digunakan untuk aplikasi desinfektan, perangkat lunak untuk pengujian Covid-19 secara online, pad elektronik khusus untuk pelatihan melalui internet, kit QRT-PCR, serta solusi desinfektan non-alkohol untuk tangan dan lingkungan yang dikembangkan dengan basis nanoteknologi, kostum anti-Covid-19 dengan struktur plastik, dan sistem pendingin udara.

Di hari yang sama para ilmuwan Iran dari Universitas Islam Azad cabang Semnan menghasilkan termometer yang dapat mengidentifikasi pasien yang terinfeksi Covid-19 melalui pengukuran oksigen darah.

“Sistem ini mengukur suhu tubuh dan oksigen darah secara bersamaan; fitur utamanya dilengkapi dengan posisi tetapnya yang berarti bahwa pengguna tidak perlu melakukan kontak dengan sistem,” ungkap Hadi Kargar Sharifabad, Kepala Pusat Optimalisasi Energi dan Pengembangan Berkelanjutan Universitas Islam Azad di Semnan.

Dia menambahkan bahwa sistem ini juga dapat menunjukkan informasi tentang pasien suspek infeksi virus corona dalam berbagai format.

Sharifabad mengatakan bahwa sistem termometer baru memanfaatkan suhu tubuh gabungan satu tahap dan pengukuran oksigen darah untuk diagnosa infeksi virus corona demi mengurangi margin kesalahan medis.

Baca: WHO Puji Sepak Terjang Iran dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19

Ekspor ke Turki

Iran pekan depan akan mengekspor kit serologi Covid-19 ke Turki untuk membantu negara tetangga itu dalam penanggungan pandemi ini.

“Perjanjian untuk penjualan kit seronavirus coronavirus ke Turki telah diselesaikan, dan Iran akan mengekspor barang-barang itu ke Turki pada pekan depan,” ujar Wakil Presiden Iran Bidang Sains dan Teknologi, Parviz Karami, Senin.

Menyinggung langkah-langkah besar yang diambil Iran dengan mengekspor kit serologi buatan dalam negeri, Karami mengatakan, “Iran telah berhasil membuat produk berteknologi tinggi dalam waktu sesingkat mungkin dengan memperhatikan persyaratan standar dan peraturan internasional.”

Dia menambahkan, “Ketika media asing menyebarkan berita palsu untuk menyudutkan Iran dan mengacaukan opini publik, perusahaan berbasis sains negara ini justru mulai mengekspor produk canggihnya dan memperlihatkan kekuatan sains dan teknologi Iran kepada dunia.”

Baca: Iran Dobrak Monopoli Barat dalam Produksi Peralatan Medis

Dia juga mengatakan, “Ilmu pengetahuan dan teknologi Iran berada di tingkat yang sangat tinggi sehingga Jerman dan negara-negara Eropa lainnya bahkan telah meminta untuk mengimpor kit diagnostik virus corona buatan Iran.” (mm/fna)

DISKUSI: