Eksis di Laut Lepas, Pasukan Iran akan Bangun Pangkalan Militer Permanen di Samudera Hindia

0
157

Pasukan IRGC beri peringatkan kapal perang AS di Teluk Persia

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) mengumumkan niatnya mendirikan pangkalan militer permanen di Samudra Hindia pada tahun mendatang, dengan tujuan menjamin keamanan di perairan Teluk Oman dan Samudra Hindia serta melindungi para nelayan dan kapal dagang dari perompakan.

Komandan Angkatan Laut IRGC, Laksamana Alireza Tangsiri, dalam sebuah pernyataan pers, Senin (22/6/2020), mengatakan bahwa IRGC memiliki arahan dari Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei untuk eksis di laut lepas secara permanen, dan rencana itu dicanangkan terwujud pada bulan Maret 2021.

Baca: Pesawat Iran Peringatkan Kapal Perang AS untuk Tidak Cegat Kapal Tanker Iran

Tangsiri mengatakan bahwa Angkatan Bersenjata dan IRGC sebelumnya telah mengirim armada ke laut lepas, dan armada lain juga akan dikirim di masa mendatang.

Baca: IRGC: Musuh Sudah Tak Bernyali untuk Bertarung Militer dengan Iran

Tangsiri juga menyebutkan bahwa nelayan dan kapal dagang Iran mendapat gangguan bajak laut di Teluk Oman dan Samudra Hindia sehingga diperlukan kehadiran IRGC secara permanen di dua kawasan perairan tersebut demi mencegah gangguan dan serangan di masa mendatang. (mm/raialyoum/amn)

DISKUSI: