Iran Ketahui Pelaku dan Motif Sabotase di Fasilitas Nuklirnya

0
131

Teheran, LiputanIslam.com –   Juru bicara Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) mengumumkan bahwa badan keamanan negara ini telah mengungkapkan pelaku “sabotase” di fasilitas nuklir Natanz yang terjadi pada awal Juli lalu.

“Setahu kami, mereka telah menemukan pelakunya, mengetahui penyebab dan metode insiden serta memiliki informasi tentang itu,” ujar Kamalvandi, Ahad (6/9/2020), seperti dikutip Kantor berita resmi Iran, IRNA.

Dia tidak memberikan keterangan lebih lanjut, termasuk mengenai siapa yang diyakini berada di balik insiden di situs pengayaan uranium Natanz.

Kepada saluran TV Al-Alam Kamalvandi  mengatakan, ” Pada waktunya nanti otoritas keamanan akan mengungkapkan alasan di balik ledakan”.

Belum lama ini di Iran telah terjadi serangkaian insiden ledakan dan kebakaran misterius, yang beberapa di antaranya berada di situs sensitif, termasuk situs militer Parchin di Teheran timur, dan fasilitas pengayaan uranium Natanz.

Hal itu kemudian membangkitkan spekulasi adanya tindakan sabotase pihak asing. Surat kabar  AS New York Times mengutip pernyataan seorang pejabat intelijen Timur Tengah yang mendapat informasi bahwa Israel berada di balik insiden yang terjadi di fasilitas Natanz.

Pejabat itu juga mengklaim bahwa Israel telah menanam bom di sebuah gedung yang menjadi tempat pengembangan sentrifugal modern.

Pada bulan lalu Kamalvandi mengatakan bahwa negaranya akan mengganti bangunan yang rusak dengan peralatan yang lebih canggih, namun mengakui bahwa kebakaran itu dapat memperlambat pengembangan dan produksi sentrifugal canggih “dalam jangka menengah”.

Sebuah artikel yang dimuat IRNA sebelumnya membahas kemungkinan sabotase oleh musuh seperti Amerika Serikat dan Israel, namun tidak menuduh salah satu negara itu secara langsung. (mm/raialyoum/bbc)

Baca juga:

Iran dan Indonesia Kutuk Penghinaan Kembali Tabloid Charlie Hebdo terhadap Nabi Muhammad saw

Iran Ungkap Sistem Radar Baru Pendeteksi 300 Target Sekaligus

 

DISKUSI: