Iran Kecam Gerakan AS dan Eropa Anti-Iran Menjelang Perundingan Wina

0
403

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran mengecam keras kampanye anti-Iran yang dilakukan oleh AS dan Troika Eropa/E3  (Prancis, Inggris dan Jerman) menjelang putaran baru perundingan di Wina, Austria.

Dalam kecaman itu Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh melalui pesannya di Twitter, Jumat (26/11), membandingkan pendekatan dan tindakan AS, Troika Eropa, dan Iran menjelang putaran baru pembicaraan Wina.

“Menjelang  Pembicaraan Vienna, US/E3 menerbitkan pernyataan palsu, menambahkan sanksi, menyulap narasi yang menyimpang, tetap bungkam atas ancaman Israel,” cuit Khatibzadeh.

“Iran membentuk tim negosiasi tingkat tinggi, menyerukan kesepakatan cepat dan implementasi penuh JCPOA/2231, mengadakan konsultasi regional”, tambahnya.

Sebelumnya, dalampertemuan Dewan Gubernur Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Troika Eropa merilis pernyataan bersama yang menyebutkan keprihatinan atas kemajuan program nuklir Iran.

Rabu lalu Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian menyatakan negaranya akan berunding dengan Kelompok 4+1 dengan tujuan mencapai kesepakatan yang baik.

Dalam percakapan telefon dengan sejawatnya dari China Wang Yi Abdollahian mengatakan bahwa Teheran sepenuhnya bersedia berpartisipasi dalam negosiasi itu dengan tujuan mencapai “kesepakatan yang baik”.

Kesepakatan seperti itu, tambahnya, dapat segera terwujud jika Washington dan sekutu Eropanya dalam kesepakatan itu juga bersedia untuk melanjutkan komitmen mereka kepada perjanjian nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersana (JCPOA). (mm/fna)

Baca juga:

Iran: Kami Menghendaki Kesepakatan yang Kebenarannya Bisa Diuji

AS Sebut Iran Sangat Dekat dengan Pembuatan Bom Nuklir

DISKUSI: