Iran: Kami Menghendaki Kesepakatan yang Kebenarannya Bisa Diuji

0
211

Teheran,LiputanIslam.com-Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian berbincang via telepon dengan Wakil Tinggi Uni Eropa untuk Kebijakan Luar Negeri, Joseph Borrell, menjelang dimulainya perundingan Wina antara Iran dan kelompok 4+1 (Jerman, Inggris, Prancis, Rusia, dan China). Tujuan perundingan ini adalah mencabut sanksi-sanksi ilegal yang diberlakukan AS atas Teheran.

“Jika pihak-pihak lain siap kembali ke komitmen mereka secara utuh dan mencabut sanksi-sanksi, sebuah kesepakatan bagus, bahkan segera, bisa dicapai,”kata Abdollahian.

“Meski AS dan 3 negara Eropa mengingkari janji mereka di JCPOA, kami dengan niat baik dan serius akan hadir di perundingan Wina. Kami menginginkan sebuah kesepakatan yang bagus dan kebenarannya bisa diuji,”tandas Abdolllahian.

Ia menegaskan, kembali ke JCPOA secara praktis meniscayakan komitmen kepada semua kandungan kesepakatan itu.

Sementara itu, Staf Perwakilan Tetap Iran di Wina, Mohammad Reza Ghaebi membalas tuduhan yang dilayangkan Wakil Israel dalam pertemuan Dewan Gubernur IAEA.

Menurutnya, ini bukan kali pertama Wakil Israel mengarang sebuah cerita panjang dan menjemukan terkait program damai nuklir Iran, sehingga membuang-buang waktu berharga Dewan Gubernur.

“Kali ini Wakil Israel berharap bisa meminimalkan kejemuan cerita ulangannya dengan menamainya ‘suara keheningan.’ Namun lagi-lagi ia gagal,”kata Ghaebi.

Ghaebi menyatakan, Israel bukan anggota perjanjian pelucutan dan kontrol senjata mana pun. Tel Aviv juga menolak inspeksi atas semua fasilitas dan aktivitas nuklirnya oleh IAEA.

“Rezim ini menjadi kurang ajar dengan merekayasa fakta dan menasihati para anggota Perjanjian Nonproliferasi Nuklir (NPT),”kata Ghaebi.

“Nasihat Israel soal pentingnya nonproliferasi dan sistem pemeriksaan sama seperti nasihat kepala sindikat mafia terkait pentingnya membuat UU untuk melawan kejahatan terorganisasi,”tandasnya. (af/fars)

Baca Juga:

Iran Tarik Pasukan dari Pangkalan Udara T-4 Suriah, Benarkah?

Jelang Perundigan Wina, Iran Pastikan akan Terus Mengembangkan Energi Nuklir

DISKUSI: