Iran Jatuhkan Vonis Hukuman Mati pada Provokator Kerusuhan

0
166

Teheran, LiputanIslam.com   Hukuman mati dijatuhkan terhadap perusuh di Iran, berdasarkan konfirmasi dari kepala otoritas kehakiman untuk menindaklanjuti berkas kejadian terkini “secara tegas dan cepat, berdasarkan keadilan dan hukum”.

Pusat media kehakiman melaporkan bahwa melalui persidangan terhadap sejumlah orang yang dituduh menyebabkan kerusuhan di provinsi Teheran, putusan awal untuk berkas-berkas tersebut mulai dikeluarkan berturut-turut oleh Pengadilan Revolusi.

Pekan lalu, putusan awal dikeluarkan oleh Pengadilan Revolusi di Teheran, berupa hukuman mati terhadap salah satu terdakwa dan hukuman penjara 5 sampai 10 tahun terhadap lima terdakwa lainnya.

Sebagai kelanjutan dari langkah ini, dan setelah mengadakan beberapa sesi pengadilan, putusan awal dikeluarkan terhadap sejumlah orang lain yang dituduh menyebabkan kerusuhan dalam berkas ini.

Putusan itu antara lain hukuman mati terhadap terdakwa yang menggunakan pisau di jalan-jalan dan menimbulkan kepanikan warga, membakar sepeda motor warga dan menyerang serta melukai seorang warga.

Terdakwa dijerat dengan dengan pasal “serangan dengan mengacungkan senjata putih, menyebabkan teror dan kepanikan.”

Puutusan yang dijatuhkan terhadap terdakwa adalah putusan awal di mana para terpidana masih dapat mengajukan banding. (mm/alalam)

Baca juga:

Iran dan Hizbullah Kutuk Serangan Teror di Istanbul

Iran Gempur Posisi Teroris di Kurdistan Irak dengan Rudal dan Drone

DISKUSI: