Iran Gempur Posisi Teroris di Kurdistan Irak dengan Rudal dan Drone

0
140

Teheran, LiputanIslam.com   Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) melancarkan serangan rudal dan drone ke posisi-posisi kelompok teroris di wilayah Kurdistan Irak, Senin (14/11).

Dalam sebuah pernyataannya IRGC menegaskan bahwa serangan itu merupakan reaksi terhadap ulah “teroris bayaran kaum arogan dunia terhadap Republik Islam Iran” dan bahwa perbatasan dan keamanan internal merupakan salah satu garis merah Iran.

IRGC mendesak pihak otoritas Kurdistan Irak menjaga stabilitas dan keamanan kawasan  dan perbatasan bersama, serta memenuhi kewajiban mereka terhadap Republik Islam Iran.

IRGC telah berulang kali memperingatkan tidak akan pernah mentolerir kehadiran dan aktivitas kelompok teroris di sepanjang perbatasan barat laut Iran.  IRGC menegaskan akan bereaksi sengit terhadap setiap gerakan yang mengusik keamanan.

Sementara itu, dalam percakapan telepon dengan Menlu Irak Fuad Hussein, Menlu Iran Amir-Abdollahian mengucapkan selamat kepadanya atas pengangkatannya kembali sebagai Menteri Luar Negeri Irak.

Menlu Iran menyampaikan kepuasannya atas terbentuknya pemerintahan Irak yang dipimpin oleh Perdana Menteri Mohammad al-Sudani, dan menekankan tekad Republik Islam Iran untuk mengembangkan hubungan dengan Irak.

Amir-Abdollahian kemudian menyebut keamanan sebagai elemen kunci di kawasan dan dalam hubungan bilateral.

“Meskip terjalin hubungan istimewa antara kedua negara, Republik Islam Iran tidak berharap akan terancam dari Wilayah Kurdistan, dan pemerintah pusat bertanggung jawab untuk tindakan ini,” ujarnya.

Amir-Abdollahian menekankan perlunya mematuhi hasil pembicaraan keamanan untuk memastikan keamanan bersama.

Di pihak lain, Menlu Irak mengaku senang atas tingkat hubungan antara kedua negara, dan menganggap kerjasama Baghdad-Teheran sebagai penjamin keamanan bersama.

“Baghdad tidak mengizinkan tetangganya terancam dari wilayah Irak,” tuturnya. (mm/tasnim)

Baca juga:

IRGC: Semua Konspirasi Berasal dari Gedung Putih

Jenderal Hajizadeh: Iran akan Pamerkan Rudal Hipersonik Terbaru Buatannya

DISKUSI: