Kapal Iran Tiba di Perairan Suriah, Mufti Lebanon Tanggapi Hinaan kepada Hizbullah

0
325

Beirut,LiputanIslam.com-Harian Lebanon, al-Akhbar, pada hari Kamis (2/9) melaporkan, kapal Iran pembawa BBM untuk Lebanon telah tiba di perairan Suriah pada hari Rabu kemarin.

Menurut al-Akhbar, kapal itu akan menurunkan muatannya di salah satu pelabuhan Suriah. Setelah itu, muatan BBM itu akan dibawa ke Lebanon dengan menggunakan truk-truk tangki.

Harian ini melaporkan, sebagian dari muatan BBM itu akan dihadiahkan Hizbullah ke rumah-rumah sakit pemerintah dan semacamnya. Setelah itu, sebuah perusahaan swasta akan bertanggung jawab untuk menjual BBM itu ke organisasi-organisasi swasta dan stasiun pembangkit listrik.

Sumber-sumber al-Akhbar mengatakan, kapal kedua dan ketiga juga akan menjalani mekanisme serupa. Namun belum ada kejelasan apakah muatan dua kapal itu adalah bensin atau BBM jenis lain, atau dua-duanya. Di saat bersamaan, ada kemungkinan bahwa kapal keempat juga akan segera berangkat dari Iran.

Kapal-kapal Iran mendekati Lebanon hampir bersamaan dengan lawatan delegasi dari Kongres AS ke negara itu. Senator Richard Bluementhal berkata,”Hizbullah adalah kanker akut yang harus dilenyapkan.”

Statemen ini disampaikan Bluementhal saat ia bersama rombongannya dari AS hendak meninggalkan bandara Beirut pada hari Rabu kemarin.

Bluementhal mengklaim, AS bisa memenuhi kebutuhan BBM Lebanon, sehingga tak ada alasan untuk mengimpornya dari Iran.

Mufti Jaafari Lebanon, Syekh Ahmad Qablan langsung merespons statemen Bluementhal. Ia mengatakan,”Beirut tidak membutuhkan air mata para pecundang di Afghanistan (mengacu kepada hengkangnya Tentara AS dari negara itu). Senator Bluementhal seharusnya menangis dan meratapi kekalahan AS di Afghanistan, bukan di sini.”

“Jika ada kanker akut di dunia dan Lebanon, itu adalah AS dan para kaki tangannya. Andai Setan memberikan hadiah, AS pantas mendapatkan hadiah itu darinya,”tandas Syekh Qablan. (af/fars)

Baca Juga:

Bahkan Jika Tanker BBM Iran Diserang, Sekjen Hizbullah Tetap Dipandang sebagai Pahlawan

Tegang, Kapal Tanker Iran Dekati Pantai Libanon, Iran dan Hizbullah Siapkan Skenario Buruk

DISKUSI: