Iran Dikabarkan Terlibat Negosiasi “Luar Biasa” dengan AS

0
322

NewYork, LiputanIslam.com – Surat kabar Amerika Serikat (AS) The New York Times melaporkan bahwa Iran dan AS sedang terlibat negosiasi “luar biasa” di tengah meningkatnya ketegangan antara keduanya.

Mengutip pernyataan seorang pejabat senior Iran dan juru bicara veteran Angkatan Laut AS surat kabar itu mengabarkan bahwa negosiasi antara kedua negara berkisar pada pertukaran pembebasan seorang prajurit AS yang ditahan oleh otoritas Iran, dan seorang dokter Iran-AS yang ditahan oleh AS.

The New York Times menyebut negosiasi itu “luar biasa, mengingat meningkatnya ketegangan dan aksi saling ancam menggunakan kekuatan militer” antara kedua pihak.

Baca: Pemimpin Besar Iran Serukan Genjot Produksi untuk Melawan Sanksi AS

The New York Times mengutip keterangan pejabat Iran Abu Al-Faz Mehr Abadi, Wakil Direktur Bagian Kepentingan Iran di Kedutaan Besar Pakistan untuk AS di Washington, AS, bahwa perundingan itu bertujuan menukar orang Amerika Michael White, 48 tahun, yang ditahan di Iran selama hampir dua tahun, dengan seorang dokter anonim Iran-Amerika.

Baca: Iran Dobrak Monopoli Barat dalam Produksi Peralatan Medis

“Pembicaraan itu belum mencapai hasil,” ungkap Mehr Abadi.

Iran menahan setidaknya empat warga negara AS, termasuk tiga orang keturunan Iran. Iran menyatakan sekitar 24 warga Iran ditahan di AS. (mm/raialyoum)

DISKUSI: