Iran dan Rusia Sebut Inisiatif “HOPE” Jamin Keamanan Teluk Persia

0
121

Moskow, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Iran Mohammad-Javad Zarif dan mitranya dari Rusia Sergei Lavrov menekankan pentingnya inisiatif  Upaya Perdamaian Hormuz ( Hormuz Peace Endeavou/HOPE) yang diusulkan Iran untuk penggalangan keamanan di kawasan Teluk Persia.

Dalam konferensi pers di Moskow, Selasa (26/1), keduanya menyatakan bahwa keamanan kawasan bergantung pada partisipasi Iran dan negara-negara Arab Teluk Persia.

Menjawab pertanyaan IRNA mengenai rencana Rusia membantu menciptakan hubungan yang seimbang di kawasan itu, Lavrov mengatakan bahwa Rusia telah memberikan ide untuk keamanan di kawasan Teluk Persia, terakhir di antaranya sekitar satu setengah tahun lalu.

Dia mengatakan bahwa pertemuan telah diadakan pada Oktober 2020 tentang pendapat keamanan Rusia terkait Teluk Persia, dan jika rencana tersebut berhasil maka akan memperkuat perdamaian di kawasan penting ini.

Lavrov menyebutkan bahwa China juga telah mengusulkan rencana untuk keamanan Teluk Persia, sebagaimana Iranpun telah mengusulkan Hormuz Peace Endeavour (HOPE), dan beberapa negara lain, termasuk Kuwait, juga menyampaikan usulan masing-masing di masa lalu.

Menurut Lavrov, Presiden Rusia Vladimir Putin mengemukakan gagasan untuk mengadakan pertemuan para pemimpin lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB plus Iran dan Jerman, dan jika gagasan itu terwujud dan tindakan diambil maka perdamaian berkelanjutan di Wilayah Teluk Persia akan terbangun.

Di pihak lain, Zarif menyebutkan bahwa pada tahun 1985, Iran mengirim surat kepada Sekjen PBB saat itu Javier Pérez de Cuéllar untuk kerjasama di kawasan Teluk Persia yang akan direfleksikan dalam UNSCR 598.

Merujuk pada beberapa rencana lain yang disarankan oleh Iran, termasuk pakta non-agresi di kawasan Teluk Persia, Zarif menambahkan bahwa rencana perdamaian terakhir Iran untuk kawasan tersebut adalah HOPE yang telah diumumkan oleh Presiden Hassan Rouhani. (mm/irna)

Baca juga:

Iran Ancam Larang Sidak IAEA ke Fasilitas Nuklirnya

Menlu Iran Bicara Blak-Blakan Soal Arab Saudi dan Negara-Negara Arab Teluk Lain

DISKUSI: