Iran Cokok Agen Israel Jelang Pelaksanaan Aksi Peledakan Besar

0
210

Teheran, LiputanIslam.com   Pasukan intelijen Iran meringkus sejumlah agen dinas rahasia Israel, Mossad, beberapa jam sebelum mereka melakukan aksi peledakan besar di kota Isfahan, Iran tengah.

Tanpa menyebutkan jumlah dan kewarga negaraan orang yang diringkus, Kementerian intelijen Iran dalam sebuah pernyataan singkat pada Sabtu malam (23/7) menyebutkan pihaknya telah meringkus sejumlah orang yang beroperasi di bawah perintah dari Mossad.

“Anggota jaringan menggunakan peralatan operasional dan komunikasi canggih dan bahan peledak yang kuat, dan ingin melakukan sabotase dan operasi teroris yang belum pernah terjadi sebelumnya di beberapa area dan target sensitif yang telah ditentukan sebelumnya,” bunyi pernyataan itu, tanpa mengungkap rincian lebih lanjut.

Pada hari Minggu, Nournews, sebuah outlet yang berafiliasi dengan Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran, mengatakan kelompok itu diciduk ketika sedang dalam perjalanan untuk meledakkan “pusat sensitif” di Isfahan, yang antara lain menjadi tempat fasilitas nuklir utama Iran.

“Pukulan terhadap jaringan ini diwujudkan sebagai hasil dari salah satu operasi paling rumit dari aparat intelijen Iran di dalam atau di luar negeri,” ungkap Nournews.

Menurut Nournews, kelompok itu telah berlatih di negara Afrika yang tidak disebutkan namanya selama berbulan-bulan, di mana para anggotanya mensimulasikan operasi tersebut, dan kemudian menyusup ke Iran melalui wilayah Kurdi Irak.

 

Nournews menyebutkan bahwa mereka telah menanam bahan peledak high-impact dan dan tertangkap hanya beberapa jam menjelang operasi tersebut. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Lagi, Iran Ringkus Jaringan Agen Intelijen MOSSAD Berfasilitas Serba Mutakhir

“Tak Takut Musuh”, IRGC Mengaku Terus Berusaha Memiliki Senjata Tercanggih

DISKUSI: