Iran Capai Kesepakatan Kesepakatan Awal dengan Arab Saudi

0
233

Teheran, LiputanIslam.com –  Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menyatakan bahwa perundingan Teheran dengan Riyadh masih berlanjut dan telah menghasilkan beberapa kesepakatan awal.

“Teheran telah mengadakan empat putaran perundingan dengan Saudi di Baghdad,” ungkap Khatibzadeh  dalam wawancara dengan Mehr, Senin (1/11).

Dia juga menyebutkan bahwa komunikasi antara kedua pihak “sama sekali tidak terputus”, dan bahkan telah “memperoleh kesepakatan-kesepakatan awal”.

Namun demikian, dia juga menilai apa yang sudah diperoleh dalam perundingan itu masih jauh dari langkah pertukaran kembali kedua besar antara Teheran dan Riyadh.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Roma, Italia, pada Sabtu lalu menyataan bahwa perundingan negaranya dengan Iran berlangsung “ramah namun tidak mencapai kemajuan besar”.

Beberapa laporan media pada bulan lalu menyebutkan bahwa Iran meminta Saudi membuka kembali konsulat jenderalnya di Iran dan memulihkan hubungan diplomatiknya dengan Iran di tengah santernya pemberitaan mengenai perundingan antara keduanya untuk menyudahi permusuhan yang sudah berlangsung selama beberapa tahun.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa perundingan tersebut bisa jadi merupakan pendahuluan untuk penghentian perang di Yaman, yang penjadwalannya tampak masih menjadi titik perselisihan utama dalam perundingan yang dimediasi oleh Irak tersebut.

Gagalkan Perompakan

Kabar lain tentang Iran menyebutkan bahwa angkatan laut negara ini telah menggagalkan serangan kawanan perompak terhadap kapal tanker Iran di Teluk Aden, Senin.

Televisi resmi Iran menyebutkan bahwa sebelum kapal itu melintasi di Selat Bab Al-Mandab, sebanyak empat perahu kawanan bersenjata mencoba mendekati kapal itu namun gagal melancarkan serangan setelah kapal patroli Angkatan Laut Iran yang menyertainya melepaskan beberapa tembakan peringatan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini Angkatan Laut Iran memperluas penyebaran pasukannya dengan mengirim armadanya ke Samudera Hindia dan Teluk Aden untuk melindungi kapal-kapal Iran dari serangan kawanan bajak laut Somalia. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Iran Mengaku Sependapat dengan China Mengenai Sanksi AS

Tanggapi Barat, Abdollahian: Teheran Tak akan Kaitkan Nasib Bangsa Iran dengan Perjanjian Nuklir

DISKUSI: